Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Perusahaan Binaan Ditjen Perkebunan Raih Kontrak Rempah Rp 61 M Di Italia

Senin, 30 Mei 2022 23:15 WIB
PT Ince Jaya Mandiri menandatangi kerja sama dengan pengusaha Italia. (Foto: Ist)
PT Ince Jaya Mandiri menandatangi kerja sama dengan pengusaha Italia. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kabar baik bagi komoditas rempah Indonesia datang dari pameran MACFRUT & Spices and Herbs Global Expo di Rimini Expo, Italia. Salah satu pelaku usaha milenial binaan Ditjen Perkebunan Kementerian Pertanian, PT Ince Jaya Mandiri yang berhasil menandatangani Letter of Intent (LoI) dengan buyer produk rempah untuk pasar Italia dan Eropa sebesar 4,2 juta dolar AS atau senilai Rp 61 miliar.

Pavilion Indonesia, pada pameran yang difasilitasi KBRI Roma menampilkan beberapa produk pertanian seperti rempah-rempah, hortikultura dan olahan daging. Pameran ini disambut antusias yang tinggi dari para pengunjung pameran yang sebagian besar berasal dari pelaku usaha dan industri makanan minuman serta industri kuliner bahkan restoran dari Italia dan negara Eropa.

"Terbukti sukses, dari 3 hari pameran ini, diperoleh potensi transaksi sebesar lebih dari 4,2 juta dolar AS dari produk rempah dan hortikultura Indonesia, dengan calon buyer dari berbagai negara, seperti Italia, Uni Emirat Arab, Jerman, Uganda, Bulgaria, Albania. Potensi ini meningkat 8 kali dari tahun sebelumnya yang sebesar 550.000 euro," ujar Plt. Dirjen Perkebunan Ali Jamil, Senin (30/5).

Baca juga : Puan Maharani Dipuji Karena Tak Ikut Main Konten Receh Di Medsos

Ali menambahkan, untuk produk rempah terjalin kontrak kerja sama untuk menyerap rempah Indonesia seperti kayu manis, pala, lada, cengkeh, vanili dan lain-lain dari perusahaan MT Farm dan CFS International Market SRLS. Kerja sama promosi dan investasi pada bisnis produk rempah juga.

Italia merupakan salah satu negara tujuan ekspor perkebunan Indonesia yang strategis dan penting di Kawasan Eropa bagian Selatan. Pada tahun 2021 tercatat Neraca Perdagangan Perkebunan Indonesia terhadap Italia surplus senilai 760,86 juta dolar AS yang didominasi oleh komoditas kelapa sawit, kopi, rempah-rempah, karet, kakao, atsiri, teh, tembakau dan lain-lain.

"Promosi produk perkebunan harus ditingkatkan partisipasinya ke depan. Ditjen Perkebunan Kementan memprediksi kondisi pandemi Covid-19 yang mulai melandai akan berpengaruh terhadap tingkat permintaan dan kebutuhan ekspor produk perkebunan, apalagi isu food security di Eropa mulai menunjukkan pengaruh sebagai respon geopolitik Ukraina-Rusia," ujar Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan, Dedi Junaedi.

Baca juga : Selamatkan Lumbung Ternak, Kementan Dan Pemda Kolaborasi Cegah PMK Di NTB

Ia menjelaskan, Kementan juga akan mengagendakan One Day with Indonesia Coffee, Fruit and Floriculture (ODICOFF) tahun 2022 yang menyasar pasar-pasar Non Eropa yang dapat dijadikan pasar Alternatif untuk tujuan promosi Internasional seperti di Kawasan Afrika, Timur Tengah, Asia, Australia, Selandia Baru dan Amerika Selatan.

“Kita kuatkan pasar-pasar penyangga di sekitar Eropa utamanya Afrika Utara dan Timur Tengah, juga Asia" ujarnya. “Kembalikan Kejayaan Rempah Nusantara” yang juga di dukung oleh program Indonesia Spice Up The World,” tambahnya.

Indonesia Spice Up The World (ISUTW) merupakan program strategis nasional pemerintah dengan tujuan meningkatkan nilai ekonomi di bidang pariwisata, perdagangan, dan investasi melalui industri gastronomi. Salah satunya melalui upaya perluasan pemasaran produk bumbu atau pangan olahan dan rempah Indonesia di mancanegara.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.