Dark/Light Mode

IOI Dukung Pengembangan Mobil Listrik

Jumat, 5 Juli 2019 20:40 WIB
Presiden Institut Otomotif Indonesia (IOI) I Made Dana Tangkas. (Foto: Ist)
Presiden Institut Otomotif Indonesia (IOI) I Made Dana Tangkas. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka -
Institut Otomotif Indonesia (IOI) mendukung kebijakan pemerintah untuk mengembangkan mobil listrik. IOI juga siap bekerjasama dengan Kemenperin untuk menuju implementasi industri 4.0 ditahun 2025.

Presiden IOI I Made Dana M Tangkas mengatakan, IOI mendukung target Pemerintah di 2025 jumlah kendaraan listrik 20 persen dari total penjualan sebesar 2 juta. Menurut Made, IOI akan mengunjungi China yang merupakan rangkaian dari agenda mobil listrik, bus listrik, dan kendaraan pedesaan pada 24–27 Juli 2019.

Baca juga : Baran Energy, Kembangkan Energi Ramah Lingkungan

Menurut Made,  pemerintah sangat serius mengembangkan mobil listrik di Tanah Air. Langkah itu dilakukan untuk mengurangi emisi karbon serta mencapai target bauran energi baru dan terbarukan hingga 23 persen pada 2025.

“Bahkan, Presiden Joko Widodo sudah mengeluarkan instruksi tertulis soal pengembangan mobil listrik,” ucap Made.

Baca juga : Sistem DO Online Pelindo III Tekan Biaya Logistik

Menurut dia, pembangunan infrastruktur pendukung dan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) atau charging station juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan pengguna mobil listrik. Namun, Made berharap, kebijakan mobil listrik jangan sampai hanya memihak golongan ekonomi tertentu saja. Sedangkan masyarakat lain tidak bisa menikmati teknologi mobil listrik.
 
“Pertumbuhan penggunaan kendaraan berbasis EV (electric vehicle) ini sangat bergantung kepada pasar Indonesia, permintaan dapat tumbuh bila penawaran kendaraan listrik dapat bersaing dengan kendaraan konvensional,” kata Made. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.