Dark/Light Mode

Pake Jurus Tiga Nol, GoTo Komit Perluas Ekonomi Hijau

Jumat, 3 Juni 2022 17:11 WIB
Ilustrasi GoTo. (Foto: ist)
Ilustrasi GoTo. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) mengumumkan telah memperluas komitmen Tiga Nol (Nol Emisi, Nol Sampah, Nol Hambatan) di seluruh ekosistemnya. Yakni dengan membentuk pendekatan dan strategi yang terkonsolidasi bagi perusahaan untuk mencapai tujuan keberlanjutannya secara bersama-sama. 

Berdasarkan penilaian materialitas yang dilakukan untuk Gojek pada 2021, perusahaan telah memperluas cakupannya kepada Tokopedia dan GoTo Financial. Menciptakan tolok ukur dan serangkaian prioritas yang jelas untuk seluruh ekosistem GoTo.

Pengumuman ini dilakukan seiring dengan terbitnya Laporan Keberlanjutan pertama Grup GoTo sejak persatuan Gojek dan Tokopedia pada tahun 2021 dan pencatatan bersejarah Perusahaan di Papan Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) pada April 2022.

Baca juga : Menkominfo Optimalkan Peluang Ekonomi Digital

Laporan bertajuk ‘Mendorong Kemajuan’ mencakup data dari Januari-Desember 2021 dan mengidentifikasi masalah paling material bagi perusahaan. Seperti aksi iklim, keberagaman, kesetaraan, dan inklusi (DEI), penggunaan dan pembuangan kemasan, struktur tata kelola dan etika bisnis, serta target lainnya. Dengan demikian memperkuat kedudukan GoTo sebagai yang terdepan dalam pelaporan keberlanjutan di kawasan Asia Tenggara.

CEO Grup GoTo, Andre Soelistyo mengatakan, sustainability selalu menjadi hal utama dari model bisnis kami, dengan mempertimbangkan aspek lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG) dalam cara kami beroperasi dan bertumbuh sebagai perusahaan. 

Sejak membentuk Grup GoTo, skala dan tanggung jawab kami telah berkembang secara signifikan, dan kami yakin kami berada pada posisi yang unik untuk membuat dampak positif yang lebih besar bersama-sama. 

Baca juga : Waketum Golkar: SOKSI Konsisten Bantu Pemerintah Pulihkan Ekonomi

“Target Tiga Nol tersebar di keseluruhan organisasi kami dan mendorong semua pihak di GoTo  untuk melakukan dekarbonisasi terhadap kegiatan operasional dan ekosistem kami yang lebih luas, membangun platform yang sepenuhnya sirkular, dan berinvestasi dalam pertumbuhan karyawan dan mitra kami untuk menjadi perusahaan yang inklusif,” ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (3/6).

Pihaknya ingin menetapkan standar dalam mendorong kemajuan untuk Indonesia serta Asia Tenggara, dan bertanggungjawab kepada seluruh pemangku kepentingan, termasuk investor, mitra, karyawan dan regulator.

Presiden GoTo, Patrick Cao menuturkan, struktur dan akuntabilitas tata kelola keberlanjutan GoTo, pihaknya berkomitmen untuk menciptakan nilai jangka panjang bagi ekosistem perusahaan. “Maka sangat penting bagi kami untuk memasukkan praktik ESG terbaik ke dalam struktur tata kelola dan proses kami,” katanya.

Baca juga : Mendag Lutfi: ASEAN Harus Kompak Respon Ekonomi Dunia

Untuk melakukan ini, pihaknya turut memastikan manajemen senior GoTo bertanggung jawab atas kinerja ESG, memastikan pengawasan dari dewan, dan menetapkan target keberlanjutan di seluruh perusahaan operasional, yang selaras dengan standar global dalam pengungkapan dan pelaporan ESG. 

“Upaya kami mencakup perluasan Dewan Penasihat eksternal kami, untuk memantau upaya kami dan memberi kami saran dan umpan balik secara rutin. Pada akhirnya, ini memastikan kita semua bergerak ke arah yang sama, dan mendefinisikan serta mengukur kemajuan secara konsisten,” kata Cao.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.