Dark/Light Mode

Gelar RUPST 28 Juni

GoTo Angkat Bos Gojek Jadi Komisaris

Senin, 6 Juni 2022 19:36 WIB
Co-Founder dan CEO Gojek yang juga Direktur GoTo, Kevin Aluwi. (Foto: Ist)
Co-Founder dan CEO Gojek yang juga Direktur GoTo, Kevin Aluwi. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo) akan menggangkat Co-Founder dan CEO Gojek yang juga Direktur GoTo, Kevin Aluwi menjadi Komisaris GoTo dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 28 Juni 2022 mendatang. 

Kevin akan mendukung manajemen GoTo, dalam mencapai visi dan misinya untuk mendorong kemajuan bagi para pengguna dan mitra di dalam ekosistem Perusahaan. Dalam perannya sebagai Dewan Komisaris GoTo nanti, Kevin akan fokus dalam mendukung pengembangan kendaraan listrik di Gojek sebagai bagian dari komitmen perusahaan menuju nol emisi pada 2030. 

Kevin juga akan menjadi bagian dari anggota Dewan Komisaris Electrum, perusahaan patungan Gojek dan TBS Energi Utama yang fokus pada pembangunan ekosistem kendaraan listrik roda dua yang terintegrasi dan holistik di Indonesia.

Setelah mendapat persetujuan pemegang saham, peran dan tanggung jawab Kevin sebagai CEO Gojek akan dipegang oleh Andre Soelistyo yang juga menjabat sebagai CEO GoTo. Andre akan bekerja secara erat bersama tim manajemen Gojek untuk menjalankan strategi bisnis on-demand GoTo. 

Direktur GoTo sekaligus Co-Founder dan CEO Gojek, Kevin Aluwi mengatakan, dirinya bangga dan bersyukur dapat membangun Gojek menjadi layanan on-demand terdepan, yang digunakan jutaan masyarakat Indonesia dan Asia Tenggara. 

Gojek, dipimpin oleh tim manajemen yang solid dan berpengalaman, berhasil mencetak kinerja yang menggembirakan dengan peningkatan pendapatan kotor sebesar 58 persen di kuartal I-2022, sejalan dengan pemulihan di bisnis mobilitas. 

Baca juga : RUPST BSI Rombak Jajaran Direksi Dan Komisaris

“Saya sangat optimis mengenai masa depan Gojek, terlebih dengan terbentuknya GoTo tahun lalu dan tercatatnya GoTo sebagai perusahaan terbuka di Bursa Efek Indonesia,” ucapnya dalam keterangan resmi, Senin (6/6). 

 Kevin bilang, pihaknya telah berinvestasi signifikan dalam membangun tim manajemen yang tangguh dengan berbagai latar belakang dan pengalaman, serta membangun nilai-nilai perusahaan dengan etos kerja tinggi. 

“Saya juga yakin, tim manajemen Gojek, di bawah kepemimpinan Andre yang solid, akan terus menjalankan strategi untuk memperkuat layanan on-demand yang telah menjadikan Gojek bagian penting dari Grup GoTo,” kata Kevin.

Ia menyatakan, setelah hampir satu dekade memimpin Gojek, ia merasa ini waktu yang tepat untuk mengambil peran lebih strategis yang tidak bersinggungan langsung dengan operasional sehari-hari. 

“Dalam kapasitas sebagai komisaris nanti, saya akan terlibat di level strategis bersama dengan manajemen GoTo untuk memastikan tercapainya visi dan misi Perusahaan,” ungkapnya. 

Di saat yang sama, Kevin juga akan memiliki waktu lebih untuk mengembangkan minat pribadi di bidang teknologi. Ia sangat ingin membangun teknologi yang bermanfaat yang dapat membuat dunia menjadi lebih baik. Beberapa area yang saya sangat tertarik dan akan eksplorasi lebih dalam adalah di bidang web3, gaming dan climate tech.

Baca juga : Gelar RUPS, Tunas Ridean Raih Pendapatan Bersih Rp 12,2 T

Sementara CEO GoTo, Andre Soelistyo berterima kasih kepada Kevin atas kepemimpinannya sebagai CEO Gojek, dan kontribusinya dalam kesuksesan GoTo, dan dalam waktu dekat akan memperkuat jajaran komisaris GoTo.

“Merupakan kehormatan bagi saya untuk dapat bekerja dengan Kevin selama hampir 10 tahun terakhir, termasuk dalam mendirikan GoTo dan membawa Perusahaan melantai di Bursa Efek Indonesia, bersama-sama dengan tim manajemen di GoTo,” tuturnya.

Kevin, sambung Andre, memiliki peran yang sangat penting dalam mengembangkan Gojek menjadi platform teknologi kelas dunia, dan membangun tim manajemen yang solid yang telah mampu menavigasi dan menumbuhkan bisnis Gojek selama masa pandemi. 

“Selanjutnya, saya akan bekerja secara erat dengan manajemen Gojek untuk terus membangun ekosistem on-demand terdepan di Indonesia,” ujar dia.

Ia yakin, dalam peran barunya sebagai komisaris nanti, pengalaman dan keahlian Kevin dalam melahirkan solusi teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat luas akan terus memberikan nilai tambah bagi pertumbuhan GoTo ke depan. 

“Saya juga sangat menantikan langkah Kevin selanjutnya, yang saya yakini akan memberikan banyak dampak positif, seperti halnya Gojek,” ujar Andre.  

Baca juga : Gelar RUPST, Tugu Insurance Rombak Jajaran Direksi

Kevin akan menggantikan posisi Caesar Sengupta di jajaran Dewan Komisaris GoTo. Caesar akan menggunakan sebagian besar waktunya untuk fokus membesarkan bisnis startup-nya, Arbo Works, dan juga tetap menjalankan perannya sebagai anggota Dewan Komisaris  di GoTo Financial.

Caesar Sengupta merupakan veteran Google selama 15 tahun dan terakhir menjabat sebagai General Manager & Vice President, Payments & Next Billion Users di April 2021 lalu. Saat ini Caesar adalah Co-Founder dan CEO di perusahaan startup fintech, Arbo Works berbasis di Amerika Serikat dan Singapura. 

Andre juga berterima kasih atas dukungan Caesar, khususnya dalam mempersiapkan IPO GoTo. Saran dan pengalaman beliau sungguh sangat bernilai bagi GoTo. 

“Kami sangat senang Caesar akan terus menjadi mentor kami dalam memberikan saran dan masukan, sejalan dengan posisinya sebagai anggota Dewan Komisaris  di GoTo Financial,” ujar Andre.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.