Dark/Light Mode

Ini Tips Pertamina Lubricants Waspadai Pelumas Palsu

Selasa, 7 Juni 2022 16:28 WIB
Pelumas. (Foto: Dok. Pertamina Lubricants)
Pelumas. (Foto: Dok. Pertamina Lubricants)

 Sebelumnya 
Menurutnya secara jangka panjang, penggunaan pelumas palsu akan membuat mesin tidak reliabel, umur mesin tidak dapat mencapai ekspektasi sesuai umur desainnya dan pada saat jadwal maintenance mungkin lebih banyak parts yang harus diganti.

"Semua juga bergantung pada kadar kepalsuan pelumasnya,” tuturnya.

Nurudin menambahkan pada beberapa kasus pelumas palsu tanpa additive detergent / dispersant (tanpa TBN) untuk mesin diesel, dapat langsung merusak mesin.

“Kami sudah mengantongi sertifikasi SNI untuk berbagai varian produk pelumas di segmen otomotif dan industri," ujar Werry.

Baca juga : UMKM Mau Bangun Pertashop, Pertamina Siap Kucurkan Modal Usaha

Dengan semakin banyaknya pelumas bersertifikat SNI maka perlindungan konsumen semakin terjamin juga karena mutu pelumas yang beredar bisa lebih terkontrol dan pelumas palsu atau pelumas berkualitas rendah dapat semakin ditekan jumlahnya.

"Selain itu kontrol kualitas pelumas juga semakin baik juga sebagai jaminan bagi produsen untuk berinvestasi karena persaingan yang sehat,":ujar Werry.

Pelumas Pertamina ditunjang dengan sumber daya baik human capital, technology, knowledge, financial, production facility dan R&D yang andal, produk Pelumas Pertamina telah mendapatkan pengakuan dari dunia internasional baik berupa Approval dari badan-badan uji pelumas International seperti API, ACEA, JASO, dari Original Engine Manufacturer (OEM).

Begini caranya membedakan pelumas asli dan palsu khususnya pada kemasan produk pelumas Pertamina:

Baca juga : Densus Minta Masyarakat Waspadai Khilafatul Muslimin

1. QR Code di stiker label – setiap produk memiliki masing-masing kode unik yang berbeda terdiri dari 9 karakter berupa huruf dan angka, di inject langsung dari mesin printer pada saat proses Produksi stiker label.

2. Tutup botol - Pada bagian atas tutup botol tampak hologram original halus dengan karakter titik (dot) dibaca dengan kemiringan 45 derajat.

3. Tutup dan Leher botol - terdapat 8 digit nomor batch dengan posisi lurus tegak dan sejajar.

4. Tampilan botol dengan teknologi triple layer - yaitu saat tutup botol dibuka, tampilan warna botol bagian dalam berbeda dengan bagian luar.

Baca juga : Pelaku UMKM Di Banten Kantongi Pinjaman Modal Rp 30 Juta

"PTPL terus menghimbau agar seluruh masyarakat untuk membeli pelumas Pertamina dari bengkel langganan terpercaya/kendaraan resmi, atau dari outlet resmi Pertamina Lubricants seperti SPBU, Olimart dan Enduro Express," ujar Werry. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.