Dark/Light Mode

Investasi Rp 60 M, Chateraise Indonesia Bangun Pabrik Di Citeureup

Rabu, 8 Juni 2022 14:31 WIB
Direktur PT Chaterase Indonesia Manufacturing, Regi Datau. (Foto: Aditya Nugroho/RM)
Direktur PT Chaterase Indonesia Manufacturing, Regi Datau. (Foto: Aditya Nugroho/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT. Chateraise Indonesia Manufacturing yang bergerak di bidang usaha industri makanan dan minuman membangun pabriknya di Citeureup, Bogor, Jawa Barat. Investasi yang dikucurkan mencapai Rp 60 miliar.

PT. Chateraise Indonesia Manufacturing merupakan joint venture Kelompok Usaha Gobel dengan Chateraise Group asal Jepang.

Pabrik Chateraise di Indonesia ini merupakan pabrik ke-2 di luar Jepang, setelah Belanda. Kehadiran pabrik ini, merupakan upaya Chateraise-Gobel untuk menghadirkan produk Japan Quality, Made Locally dan Harga Terjangkau, dengan memanfaatkan bahan baku lokal.

Baca juga : Cegah Stunting, Danone Indonesia Luncurkan Rumah Bunda Sehat Di Bogor

“Grand Opening ini adalah bukti keseriusan dan komitmen Chateraise-Gobel dalam meningkatkan investasi dan keinginan untuk mengembangkan kolaborasi dengan petani dan peternak di Indonesia. Melalui konsep Farm Factory, kehadiran pabrik ini tentu juga akan berupaya keras untuk memberi dampak positif bagi petani dan peternak,” ujar Direktur PT Chaterase Indonesia Manufacturing, Regi Datau di acara Grand Launching Pabrik Chateraise, di Citeurup, Rabu (8/6).

Dia mengatakan, kehadiran Chaterase di Indonesia diawali ketertarikan Rachmat Gobel sebagai Pimpinan Kelompok Usaha Gobel saat berkunjung ke pabrik Chateraise kaki Gunung Fuji Jepang, pada 2015. Kesan mendalam diperoleh saat kunjungan itu, adalah ketika Mr. Hiroshi Saito, founder dan Pesident, Chateraise Holding Co. Ltd. memaparkan dasar filosofi yang dipakai untuk membangun industri kue-nya: yaitu budaya menghargai alam, serta budaya menghargai pelanggan, partner usaha dan karyawannya.

Selain kualitas dan cita rasa yang tinggi, dalam menjalankan usahanya, Chateraise penuh dengan innovasi dan teknologi dalam konsep Farm Factory yang sangat menarik. Inilah yang kemudian menginspirasi Kelompok Usaha Gobel untuk secara mantap menjalin kerja sama dengan Chateraise, yang sudah berpengalaman sejak 1954.

Baca juga : Indonesia Makin Wangi Di Dunia

Sementara itu, Gobel bukanlah pemain baru di industri makanan dan minuman. Melalui PT Gobel Dharma Sarana Karya yang didirikan pada 1977, kelompok usaha ini dikenal sebagai salah satu penyuplai makanan terbesar untuk pabrik, rumah sakit, perusahaan pengeboran minyak, dan usaha lainnya. Saat perhelatan ASIAN GAMES 2018, Gobel mendapat kepercayaan menjadi master caterer dalam pengadaan makanan-minuman untuk kebutuhan nutrisi atlet dan ofisial, yang mencapai 11.500 orang di Jakarta dan Palembang.

Kerja sama Chateraise-Gobel didasari oleh mutual trade benefit, di mana pada awalnya sepenuhnya menggunakan produk Chateraise Jepang untuk dijual di Indonesia, dan kemudian dilanjutkan mendirikan pabrik di Indonesia, seperti yang telah diresmikan ini.

Menurut Regi, pabrik di Citeureup ini memiliki kapasitas produksi untuk 12 outlet yang ada di Jabodetabek. Seiring dengan target memperluas outlet sampai 100 outlet dalam waktu 3-5 tahun, pihaknya akan menambah pabrik baru. Namun, saat ini pihaknya masih mencari tempatnya. “Kita cari sekitar-sekitar sini. Luasnya sekitar 1-2 hektare,” ujarnya.

Baca juga : Pewarta Foto Indonesia Bagi-bagi Alat Belajar Di Kampung Aur Medan

Tidak hanya sebatas itu, dengan didukung nilai-nilai yang selalu ada di perusahaan manufaktur Jepang, yaitu budaya “Monozukuri” dan “Hitozukuri”, kami berharap pabrik Chateraise Indonesia ini, tidak hanya mampu melahirkan produk berkualitas dan bercita rasa tinggi, tapi juga bisa melahirkan sumber daya manusia (SDM) industri makanan dan minuman yang tangguh, untuk menciptakan produk unggulan. SDM tangguh, menjadi bagian dari fondasi struktur industri pangan nasional.

Untuk tenaga kerjanya, kata dia, Chateraise Indonesia telah menyerap tenaga kerja lokal, baik dari SMK-SMK di sekitar pabrik maupun lulusan program pemagangan di Jepang yang diselenggarakan oleh Yayasan Matsushita Gobel.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.