Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tarik Penumpang ke Kertajati, Menhub Gratiskan Damri Setahun

Minggu, 7 Juli 2019 12:05 WIB
Bus Damri (Foto: Istimewa)
Bus Damri (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Meski penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung, telah dipindah ke Bandara Kertajati, Majalengka, tetap masih banyak yang khawatir bandara yang disebut terakhir tetap sepi. Penyebabnya, infrastruktur dan sarana transportasi ke Kertajati masih sepi.

Menyikapi hal ini, pemerintah melakukan beberapa terobosan. Salah satunya, memberikan subsidi untuk penggunaan bus Damri secara gratis menuju Bandara Kertajati.

Baca juga : Top, Program Kewirausahaan BRI Kerek Kesejahteraan Petani

"Pemberian subsidi dilakukan untuk memastikan aksesibilitas dari Bandung ke Kertajati menjadi lebih pasti dan sambil menunggu Tol Cisumdawu yang dijanjikan Pak menteri PUPR selesai dalam satu tahun. Jadi selama satu tahun ini Pemerintah Pusat akan mensubsidi bus Damri gratis," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (7/7).

Budi Karya mengatakan, Bus Damri akan digratiskan selama satu tahun. Namun, pengoperasiannya dibatasi hanya pada tempat-tempat yang memang mempunyai penumpang yang banyak. Seperti Karawang, Cirebon, dan Bandung.

Baca juga : Dukung Akses Bandara Kertajati, Tol Cisumdawu Rampung Akhir 2020

Untuk itu, Menhub meminta Dirjen Perhubungan Darat untuk berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah dalam menentukan rute-rute mana saja yang akan digratiskan. "Kami serahkan kepada kadishub dan Dirjen Darat untuk menetapkan," ujarnya.

Menurut Budi Karya, kebijakan pemberian subsidi untuk bus Damri secara gratis dilakukan pemerintah sebagai bentuk kompensasi waktu dan biaya yang dihabiskan penumpang. "Ini komitmen kami memberikan kompensasi kepada masyarakat yang harus menghabiskan waktu lebih banyak jika mendarat di Bandara Kertajati dibandingkan dengan di Bandung. Ini juga akan mengurangi cost yang mereka keluarkan," katanya.

Baca juga : Apresiasi Pelanggan Setia, Pertamina Meriahkan BEP di Pekanbaru

Selain itu, Menhub mengatakan bahwa Kemenhub akan bekerja sama dengan Heli-Taxi untuk memfasilitasi pelayanan eksekutif. "Kita juga akan kerja sama dengan heli taxi. Jadi kalau nanti ada penumpang yang ingin kenyamanan dan pelayanan eksekutif, ada alternatifnya," lanjutnya.

Rencananya, kerja sama ini akan mulai dibicarakan dalam waktu dua minggu ke depan. Sehingga Bandara Kertajati ini dapat mengakomodir segala bentuk penerbangan. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.