Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jokowi Resmikan 3 Pelabuhan Penyeberangan Wakatobi

Mobilitas Rakyat Lebih Mudah, Angkutan Sembako Pun Lancar

Jumat, 10 Juni 2022 06:20 WIB
Presiden Jokowi saat meresmikan tiga pelabuhan penyebarangan dan satu KMP di Wakatobi, Kamis (09/06/2022). (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev).
Presiden Jokowi saat meresmikan tiga pelabuhan penyebarangan dan satu KMP di Wakatobi, Kamis (09/06/2022). (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev).

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi meresmikan tiga pelabuhan penyeberangan dan satu unit Kapal Roro di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, kemarin.

Tiga pelabuhan penyeberangan yang diresmikan, yaitu Pelabuhan Kaledupa, Tomia dan Binongko. Sementara, satu unit kapal penyeberangan yang dires­mikan, yaitu Kapal KMP Sultan Murhum II.

Jokowi didampingi Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Staf Utama Bidang Perhubungan Darat dan Konektivi­tas Budi Setiyadi dan Dirut ASDP Indonesia Ferry Ira Puspadewi.

Baca juga : Genjot Konektivitas, Jokowi Resmikan 3 Pelabuhan Di Wakatobi

Jokowi mengatakan, dengan adanya pelabuhan dan kapal baru yang beroperasi, bisa se­makin memudahkan aktivitas dan mobilitas masyarakat.

“Utamanya untuk angkutan barang yang berkaitan dengan sembako dan konektivitas antar­pulau di Wakatobi, diharapkan semakin baik,” kata Jokowi.

Budi Karya Sumadi mengatakan, pembangunan pelabuhan penyeberangan dan kapal di Wakatobi merupakan salah satu wujud negara hadir, melalui pembangunan transportasi yang Indonesia sentris.

Baca juga : Menhub Cek 3 Pelabuhan Penyeberangan Yang Akan Diresmikan Presiden

Tiga pelabuhan ini dibangun menggunakan dana Surat Ber­harga Syariah Negara (SBSN) dan diselesaikan dalam waktu dua tahun.

“Kami bangun infrastruktur transportasi di pulau kecil dan terluar. Agar konektivitas bisa berjalan baik,” ujar BKS-sapaan akrab Budi Karya Sumadi.

BKS berharap, keberadaan pelabuhan dan kapal ini akan mendukung Wakatobi sebagai salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). Diharapkan dapat menumbuh­kan titik-titik ekonomi baru di Wakatobi dan sekitarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.