Dark/Light Mode

Jokowi Resmikan 3 Pelabuhan Penyeberangan Wakatobi

Mobilitas Rakyat Lebih Mudah, Angkutan Sembako Pun Lancar

Jumat, 10 Juni 2022 06:20 WIB
Presiden Jokowi saat meresmikan tiga pelabuhan penyebarangan dan satu KMP di Wakatobi, Kamis (09/06/2022). (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev).
Presiden Jokowi saat meresmikan tiga pelabuhan penyebarangan dan satu KMP di Wakatobi, Kamis (09/06/2022). (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev).

 Sebelumnya 
Menurut BKS, kehadiran pelabuhan dan kapal ini sangat dinantikan masyarakat Wakatobi dan sekitarnya.

“Kami pastikan apa yang dibangun ini dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat di Wakatobi. Da­pat dimanfaatkan pula oleh para turis domestik dan mancanegara, untuk menikmati keindahan alam di Wakatobi,” tutur mantan Dirut Angkasa Pura ll ini.

Baca juga : Genjot Konektivitas, Jokowi Resmikan 3 Pelabuhan Di Wakatobi

Dengan diresmikannya satu unit kapal, Pelabuhan Wakatobi kini dilayani oleh dua kapal, yaitu KMP Bahtera Mas IIdan KMP Sultan Murhum II. Kedua kapal ini akan melayani lintas penye­berangan di Kabupaten Waka­tobi dengan rute Kamaru-Wanci-Kaledupa-Tomia-Binongko PP (Pulang Pergi).

Untuk meringankan masyarakat, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga memberikan subsidi Rp 17,9 miliar untuk pelayanan kapal penyeberangan di Wakatobi, yang dioperatori oleh PT ASDP Indonesia Ferry. Melalui subisidi itu, diharapkan dapat memberikan tarif yang terjangkau bagi masyarakat.

Baca juga : Menhub Cek 3 Pelabuhan Penyeberangan Yang Akan Diresmikan Presiden

Kemenhub berkomitmen mendukung tumbuhnya titik ekonomi baru, melalui penye­diaan sarana dan prasarana transportasi untuk membuka konektivitas antarwilayah di Wakatobi dan sekitarnya.

Jumlah pelabuhan di Indo­nesia saat ini sebanyak 2.439 pelabuhan pada 2020. Angka tersebut meningkat 38,6 persen, dibandingkan tahun sebelumnya yang berjumlah 1.760 pelabuhan. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.