Dark/Light Mode

Jokowi Optimis, Pertumbuhan Ekonomi Tahun Ini Bisa Lebih Ngacir

Selasa, 22 Maret 2022 16:16 WIB
Presiden Jokowi dalam acara CNBC Indonesia Economic Outlook 2022, Selasa (22/3). (Foto: YouTube)
Presiden Jokowi dalam acara CNBC Indonesia Economic Outlook 2022, Selasa (22/3). (Foto: YouTube)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi optimis, pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun ini bisa lebih baik dari sebelumnya.

“Saya meyakini kita bisa mengakselerasi pertumbuhan perekonomian kita jauh lebih baik di tahun 2022 ini,” ujar Presiden saat menyampaikan pidato kunci pada CNBC Indonesia Economic Outlook 2022, Selasa (22/03/2022), secara daring.

Jokowi menyebut, ada empat indikator yang menunjukkan penguatan pondasi ekonomi di tahun 2022. 

Pertama, Indonesia termasuk negara yang yang berhasil dalam menangani pandemi. Hal ini diyakini dapat mempermudah untuk mengakselerasi perekonomian di tahun 2022.

Baca juga : Kemenperin Targetkan Belanja Produk Lokal 80 Persen

“Kasus penyebaran virus Covid-19 cukup bisa kita kendalikan. Perekonomian kita di sepanjang tahun 2020-2021 juga terus bergerak, tidak pernah berhenti,” ujarnya.

Kedua, Indonesia telah memulai reformasi struktural yang paling fundamental dan komprehensif di tahun lalu.

“Diterbitkannya Undang-Undang Cipta Kerja, dilakukannya penyederhanaan birokrasi untuk investasi merupakan fondasi besar yang hasilnya kita mulai lihat, kita mulai nikmati di tahun 2022 ini,” ujarnya.

Ketiga, langkah-langkah hilirisasi juga sudah berlangsung besar-besaran di tahun 2021. Secara bertahap, pemerintah telah menghentikan ekspor bahan mentah mineral dan batu bara (minerba) dan mendorong hilirisasi di dalam negeri.

Baca juga : Awas, Siluman Omicron Ganggu Puasa Dan Lebaran

“Tahap demi tahap hilirisasi akan semakin tinggi, akan semakin meningkat. Ini akan menggerakkan ekonomi serta menciptakan lapangan kerja di dalam negeri,” ungkapnya.

Keempat, Indonesia juga memiliki pondasi ekonomi digital yang cukup kuat, sebagai basis ekonomi baru.

Di tahun 2021, telah lahir perusahaan decacorn di Indonesia. Sementara jumlah perusahan unicorn terus meningkat.

“Hal ini sebagai bukti bahwa infrastruktur digital semakin meluas dan ekosistem digital juga semakin kondusif," ucap Jokowi.

Baca juga : Rumah Besar Nusantara Ekonomi Rakyat Bakal Gelar Silatbar

Pada kesempatan itu, Kepala Negara juga memaparkan upaya yang dilakukan untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi di tahun 2022 ini.

Hilirisasi akan terus dilanjutkan dengan turunan produk yang lebih banyak dan lebih bervariatif.

Hal ini akan membuka investasi yang lebih besar dan membuka lapangan kerja yang semakin banyak.

“Selain itu, nilai ekspor kita akan terus meningkat, akan terus memperbaiki balance of payment kita dan memperkokoh fiskal, serta moneter kita. Hal ini akan semakin memperkokoh pondasi perekonomian kita,” jelas Jokowi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.