Dark/Light Mode

Harapkan Dukungan Kreditur

Garuda Sodorin Solusi Atasi Ancaman Pailit

Rabu, 15 Juni 2022 07:30 WIB
Pesawat Garuda Indonesia. (Foto: ANTARA).
Pesawat Garuda Indonesia. (Foto: ANTARA).

 Sebelumnya 
Penawaran surat utang dan ekuitas dengan nilai tersebut, menurut Irfan, akan diselaraskan dengan perkembangan negosiasi dan komunikasi bersama para kreditur, yang masuk dalam kriteria penerima surat utang maupun ekuitas ini.

“Besar harapan kami para kreditur dapat memberikan dukungannya kepada Garuda,” harap Irfan.

Kepada kreditur yang telah menyampaikan dukungannya, ia berterima kasih yang sebesar-besarnya. Karena setiap bentuk dukungan sangatlah berarti bagi maskapai pelat merah itu. Khususnya dalam upaya memulihkan Garuda menjadi entitas bisnis yang semakin sehat dan adaptif. Serta menghadirkan basis kolaborasi bisnis yang semakin bernilai tambah bagi seluruh mitra usaha di masa depan.

Baca juga : Anggota Bawaslu Dukung Puan Maharani Soal Efektivitas Dan Efisiensi Anggaran Pemilu

Adapun Daftar Piutang Tetap (DPT) yang mulai diterbitkan oleh Tim Pengurus PKPU sudah bisa ditinjau oleh para kreditur. Mengingat pentingnya DPT untuk proses PKPU, Garuda mengimbau para kreditur, untuk segera meninjau. Bahkan jika perlu, memberikan masukan ke Tim Pengurus atas nilai yang tercantum pada DPT, sesuai dengan mekanisme yang berlaku.

“Kami meyakini keseluruhan proses PKPU yang terus kami optimalkan dengan prinsip kehati-hatian, dapat menghasilkan kesepakatan yang terbaik antara Garuda dan seluruh mitra usahanya,” jelas Irfan.

Menyoal ini, Pengamat Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dari Universitas Indonesia (UI) Toto Pranoto mengatakan, proposal damai serta usulan yang diberikan Garuda kepada pihak kreditur merupakan peluang besar Garuda bisa survive dari ancaman pailit.

Baca juga : Apartemen Skandinavia Berikan Solusi Investasi di tengah Inflasi

“Dengan begitu, penyehatan Garuda akan bisa lebih cepat. Upaya Garuda untuk duduk bersama dengan kreditur, semoga bisa menjadi jalan terbaik,” harap Toto saat dihubungi Rakyat Merdeka.

Menurut Toto, proses pendaftaran klaim kewajiban usaha oleh kreditur ini pada dasarnya akan memudahkan Garuda dalam memetakan posisi kreditur. Sekaligus membuat prioritas dalam pembayaran utang-utangnya. Sehingga diharapkan dapat tercipta solusi yang win-win solution bagi seluruh pihak.

“Memang ini tidak akan memuaskan seluruh kreditur. Tapi skema ini diharapkan sudah bisa memberikan peta penyelesaian kreditur secara keseluruhan,” ujarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.