Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Lihat Harga Bahan Pokok Melangit

Zulhas: Terus Terang, Saya Shock Juga...

Kamis, 16 Juni 2022 14:26 WIB
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (kanan), mendengarkan curhat pedagang minyak goreng dan telur di Pasar Cibubur, Jakarta Timur, Kamis (16/6). (Foto: Rizky Syahputra/RM)
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (kanan), mendengarkan curhat pedagang minyak goreng dan telur di Pasar Cibubur, Jakarta Timur, Kamis (16/6). (Foto: Rizky Syahputra/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengaku kaget melihat lonjakan harga sejumlah komoditas pangan, saat sidak ke Pasar Cibubur, Jakarta Timur, Kamis (16/6) pagi.

"Saya terus terang shock juga ya. Karena, tadi itu pembelinya ngeluh. Yang dagang, juga ngeluh. Terasa sekali memang, beban hidup itu meningkat. Semua bahan-bahan pokok semua hampir naik. Kecuali beras ya," kata Zulhas, yang baru kemarin dilantik menjadi Menteri Perdagangan. Menggantikan Muhammad Lutfi.

Dia pun menjelaskan sejumlah bahan pokok yang mengalami kenaikan harga. Cabe rawit merah, misalnya. Naik sekitar 30 persen, dari semula Rp 80 ribu menjadi Rp 110 ribu.

Baca juga : Bupati Kerinci: Tantangan Zulhas Jadi Mendag Cukup Berat, Mari Kita Doakan

Harga bawang merah, juga naik. Sekitar 20 persen.

 
 
"Harga telur yang awalnya sempat di angka Rp 26 ribu, kini rata-rata di angka Rp 29 ribu. Daging ayam, dari harga Rp 21 ribu, kini sudah Rp 26 ribu per kilogramnya. Harga daging sapi juga naik. Apalagi, pembelinya turun drastis karena ada isu penyakit mulut dan kuku (PMK). Terigu juga naik  karena kan impor ya," beber Zulhas, yang juga Ketua Umum PAN.

Zulhas berpendapat, lonjakan harga bahan pokok ini juga dipengaruhi oleh faktor impor. 

"Kita ini sangat tergantung dengan impor. Daging juga impor. Hampir semua impor. Ini problem utama kita. Sekali lagi, masalah utama kita adalah ketergantungan impor pangan," paparnya.

Baca juga : Ditunjuk Jokowi Jadi Mendag, Zulhas Punya Harta Segini...

Zulhas mengaku punya strategi khusus untuk menyelesaikan masalah tersebut. Namun, dia belum menyebut secara detail, langkah apa yang akan diambil untuk menurunkan harga bahan pokok.

"Kita harus bergerak cepat. Ini tentunya bukan cuma domain Kementerian Perdagangan saja kan ya. Kita akan selesaikan ini bareng-bareng," ucap Zulhas.

Dalam sidak hari ini, Zulhas sempat diteriaki seorang pedagang, yang meminta agar pemerintah segera menurunkan harga bahan pokok.

Baca juga : Fungsionaris Kelurahan Pondok Kelapa Kini Terlindungi BP Jamsostek

"Turunkan harga, Pak! Semuanya pada mahal. Cabe, bawang, terigu, turunkan, Pak,” teriak salah satu pedagang. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.