Dark/Light Mode

Kucurkan Rp 2,1 M, Bank Mandiri Bantu Desalinasi Air Laut Untuk Nelayan Di Labuan Bajo

Jumat, 17 Juni 2022 15:59 WIB
Foto: Dok. Bank Mandiri
Foto: Dok. Bank Mandiri

 Sebelumnya 
Program bantuan air bersih yang berlokasi di empat titik ini merupakan desa penunjang wisata di Labuan Bajo.

 

Baca juga : Ganjar Kucurkan Rp 20 M Dana Parpol Untuk 9 Partai Di Jateng

"Sehingga, bantuan yang diberikan dikelola oleh Bumdes yang diharapkan dapat mendorong penguatan ekonomi di desa," pungkas Rudi.

Di kesempatan yang sama, Kepala Cabang Bank Mandiri Labuan Bajo I Made Runarta mengatakan, fasilitas desalinasi air laut ini memisahkan air laut menjadi air tawar guna membantu akses air bersih para nelayan di TPI.

Baca juga : Harkitnas, Momentum Bangun Kebanggaan Nasional Untuk Lawan Intoleransi

"Dalan upaya maintenance fasilitas ini, kami juga mengedukasi para nelayan dengan melakukan tap e-money dalam mengakses air bersih. Jadi sekali tap berbayar untuk 10 liter air dalam 1 galon. Untuk biaya tarifnya belum kami rampungkan, nanti yang jelas ketika ini selesai bisa membantu. Yang pasti tidak harganya terjangkau," jelasnya.

Tap berbayar air bersih ini pun dimaksudkan untuk menjaga operasional mesin. Sehingga bisa dirawat dengan baik dan memiliki manfaat dalam jangka panjang.

Baca juga : Sinergi Bareng Pelindo III, PLN Pasok Listrik Untuk Pedagang Di Pelabuhan Gili Mas

Nantinya, pengelolaan fasilitas tersebut diserahkan kepada Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan Kabupaten Manggarai Barat, NTT. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.