Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Selamatkan Garuda Indonesia, Pengamat: Erick Thohir Lakukan Yang Terbaik

Senin, 20 Juni 2022 23:06 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir/Ist
Menteri BUMN Erick Thohir/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Langkah Menteri BUMN Erick Thohir membenahi Garuda Indonesia mendapatkan apresiasi. Langkah itu menjadi perjuangan berat Erick menata ulang industri penerbangan dalam negeri.

Sejak awal, langkah penyelamatan Garuda Indonesia sudah dilakukan Erick, seperti pengungkapan kasus Moge, pelaporan korupsi ke Kejagung hingga mendorong tambahan modal melalui Penyertaan Modal Negara (PMN). Terbaru, Erick berhasil menyelesaikan tahapan pemungutan suara atau voting dalam proses Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU).

Pengamat Kebijakan Publik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Syafuan Rozi Soebhan mengapresiasi upaya Erick.

“Garuda baru melampaui tahapan pandemi yang berat, penerbangan sangat-sangat merugi karena jumlah penumpangnya turun. Nah, sekarang sudah masuk era endemi, penerbangan mulai penuh. Promosi pariwisata juga kan sudah mulai digalakkan lagi karena vaksinasi Covid sudah tiga kali” ujar Syafuan, Senin (20/6).

Baca juga : Kinerja Erick Thohir Terbukti Yahud

Syafuan optimis Garuda Indonesia bisa kembali sehat. Pandemi Covid 19 sudah mulai melandai dan wisata kembali digalakkan oleh Pemerintah, yang disambut antusias oleh masyarakat.

Menurutnya, kesempatan ini harus dimanfaat dengan baik oleh Garuda untuk memperbaiki diri dengan tata kelola serta memenuhi kewajiban utangnya.

Syafuan mengatakan, Erick juga melakukan yang terbaik untuk menjaga dan mempertahankan Garuda Indonesia tetap mengudara.

“Dia (Erick Thohir) sudah berusaha. Pelan-pelan jumlah penumpang akan makin membaik,” harapnya.

Baca juga : Hasil Indonesia Open 2022: Laju Ginting Tertahan Axelsen Lagi

Sebelumnya, Erick Thohir meyakini upaya penyehatan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk bisa diwujudkan pasca-kesepakatan PKPU dengan para kreditur sesuai dengan harapan.

"Ini momen penting bagi kami. Karena salah satu BUMN yang menjadi entitas kebanggaan bangsa, Garuda Indonesia, telah menyelesaikan pemungutan suara dalam proses PKPU," ujar Erick.

Erick berharap, dukungan terhadap Garuda terus mengalir hingga tahap mulai melaksanakan langkah-langkah strategis yang telah dirancang dalam rencana bisnis. Hal ini akan menjadikan Garuda sebagai entitas bisnis yang lebih adaptif dan berdaya saing.

"Kami tidak lupa menyampaikan apresiasi kepada masyarakat Indonesia yang terus percaya pada Garuda Indonesia. Khususnya di masa yang penuh tantangan ini untuk memberikan pelayanan penerbangan terbaik," ucapnya.

Baca juga : Menteri Erick: Terus Lakukan Transformasi Dan Inovasi

Erick mengatakan, Garuda Indonesia berkomitmen menjalankan misi menjadi platform penggerak ekonomi bangsa. Melalui peran esensialnya sebagai penyedia akses konektivitas bagi aktivitas ekonomi, pariwisata hingga sosial dan budaya bagi masyarakat Indonesia.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.