Dark/Light Mode

HUT Ke-495 DKI, Shopee Promo 300 Produk UMKM Khas Betawi

Rabu, 22 Juni 2022 11:57 WIB
HUT Ke-495 DKI, Shopee Promo 300 Produk UMKM Khas Betawi

RM.id  Rakyat Merdeka - Merayakan HUT ke-495 DKI Jakarta, Shopee Indonesia menggelar Festival UMKM Ulang Tahun Jakarta, dengan mempromosikan produk UMKM lokal dan DKI Jakarta dan juga produk khas Betawi.

Setidaknya ada 300 produk khas Betawi, yang terdapat di laman khusus Shopee Pilih Lokal yang mudah diakses oleh pelanggan melalui aplikasi maupun situs Shopee. Festival UMKM Ulang Tahun DKI Jakarta ini digelar selama sepekan dari tanggal 22 hingga 30 Juni 2022.

Upaya tersebut, merupakan dukungan Shopee bagi produk lokal DKI Jakarta dalam semangat merayakan Jakarta Hajatan.

Sejumlah brand yang terkurasi di festival UMKM ini menyuguhkan berbagai jenis produk fesyen menarik khas Jakarta. Seperti batik khas Betawi, kebaya encim, kain tumpal dan peci. Ada pula makanan khas seperti roti buaya, asinan Betawi, bir pletok, kue kering, serta produk kerajinan lokal seperti miniatur ondel-ondel, postcard dan aksesoris khas Jakarta lainnya.

Baca juga : HUT Ke 40, ACC Tanam 2.500 Pohon Mangrove Di Kalbar

Tidak hanya itu, untuk semakin memeriahkan Festival UMKM Ulang Tahun Jakarta, Shopee juga memberikan promo dan diskon hingga 60 persen bagi para pelanggan.

Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Handhika Jahja mengatakan, komitmen Shopee sebagai kawan dalam tiap perjalanan UMKM lokal.

Dengan secara aktif mendukung pertumbuhan UMKM lokal di ibu kota melalui teknologi digital, Shopee ingin berkontribusi dalam mendukung pertumbuhan ekonomi digital yang berkelanjutan.

“Melalui Festival UMKM Ulang Tahun Jakarta ini, kami berharap produk-produk khas Betawi dapat semakin dikenal luas tidak hanya di wilayah lain di Indonesia, bahkan hingga ke mancanegara,”ujar Handhika dalam keterangan resminya, Rabu (22/6).

Baca juga : TPL Promosikan Produk UMKM Binaan Ke Event The Onan Of Caldera Toba

Festival UMKM ini juga merupakan wujud Shopee dalam memaknai tema HUT ke-495 DKI Jakarta, yaitu kolaborasi, akselerasi dan elevasi.

“Seperti tema ulang tahun Jakarta tahun ini, Shopee ingin menjadi bagian dari pertumbuhan UMKM lokal melalui perkembangan teknologi, sehingga pelaku usaha lokal menjadi naik kelas dan mendorong terciptanya ekosistem ekonomi mandiri,” lanjutnya.

Tercatat, UMKM di ibu kota terus mengalami pertumbuhan seiring dengan perkembangan teknologi digital. Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) DKI Jakarta mencatat setidaknya terdapat 1.100.000 UMKM di wilayah DKI Jakarta pada tahun 20211. Jumlah ini setara dengan 98,78 persen dari total jumlah usaha di DKI Jakarta.

UMKM menjadi sumber penyediaan kebutuhan masyarakat DKI Jakarta, dengan kontribusi terhadap perekonomian dan penyerapan tenaga kerja yang besar. Pusat Pelatihan Bisnis Digital Gratis bagi UMKM DKI Jakarta Shopee juga memberikan dukungan pelatihan seputar bisnis digital, serta pendampingan hingga fasilitas secara gratis bagi para pelaku UMKM di Indonesia.

Baca juga : Kemenkop-LKPP Targetkan 40 Persen Produk KUMKM Masuk E-Katalog

“Melalui Kampus UMKM Shopee Jakarta yang terletak di Gedung Pakuwon Jakarta Selatan, agar para pelaku UMKM Jakarta dapat semakin berkembang,” ujar Handhika.

Ia membeberkan, dukungan ini meliputi, pertama, Pelatihan Intensif, di mana pelaku UMKM dapat mendaftarkan diri untuk mengikuti berbagai kelas yang akan diberikan oleh trainer Shopee.

Kelas tersebut meliputi kelas pendaftaran dan pembuatan toko di Shopee, pengaturan pengiriman dan pengelolaan seller centre, pengembangan usaha, cara mengoptimalkan sistem pemasaran secara digital, serta fitur-fitur penunjang bisnis yang tersedia di aplikasi Shopee.

Kedua, Pendampingan Bisnis. Trainer Shopee siap memberikan bantuan terkait administrasi dan operasional toko, hingga peningkatan performa bisnis, termasuk pembukuan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.