Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gaet KBRI Di Tokyo

BI Gelar Pameran Produk UMKM Di Jepang

Jumat, 25 Juni 2021 18:20 WIB
Dody Budi Waluyo (Foto: Ist)
Dody Budi Waluyo (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bank Indonesia (BI) bersama Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo terus mendukung upaya peningkatan kerja sama Indonesia dan Jepang, khususnya dalam promosi produk ekonomi kreatif Indonesia.

Hal tersebut diwujudkan dengan diselenggarakannya “Malam Ekonomi Kreatif Indonesia" pada hari ini (25/6) di Tokyo, Jepang. Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo, dalam sambutannya secara virtual menyampaikan tiga keunggulan produk ekonomi kreatif Indonesia.

Pertama, produk ekonomi kreatif Indonesia berdaya tahan. Hal ini karena jenis produk yang ditawarkan umumnya berbahan lokal dan sudah melalui standardisasi proses bisnis. Sehingga kontinuitas produksi berjalan lancar.

Baca juga : UTA`45 Jakarta Gelar Wisuda Dengan Prokes Ketat

Kedua, harga produk yang terjangkau. Selain bahan baku yang berasal dari lokal, proses produksi dan biaya tenaga kerja yang relatif terjangkau menjadi faktor pendukung harga jual produk Indonesia yang bersaing bahkan bagi produk kelas premium sekalipun.

"Dan yang ketiga, produk yang dipasarkan sudah melalui proses kurasi yang ketat untuk menjamin kualitas sesuai dengan standar internasional," kata Dody dalam keterangan tertulisnya, Jumat (25/6).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam kesempatan yang sama, juga menyampaikan pentingnya penguatan kolaborasi di sektor ekonomi kreatif guna mendukung percepatan ekonomi global.

Baca juga : Pemkot Palu Apresiasi BPIP Gelar Pembinaan Pancasila

"Kerja sama perdagangan antara Indonesia dan Jepang telah menghasilkan banyak pencapaian yang positif dan memberikan keuntungan yang berkelanjutan bagi kedua belah pihak," ujar Sandi.

Seperti diketahui, Jepang adalah negara tujuan ekspor untuk produk industri kreatif Indonesia yang tertinggi di kawasan. Dan secara umum total perdagangan di antara kedua belah negara terus meningkat hingga triwulan I-2021 lalu dengan catatan pertumbuhan sebesar 1,87 persen secara tahunan (yoy).

Hal tersebut merupakan pencapaian yang baik di tengah kondisi perlambatan permintaan di beberapa negara mitra lainnya karena situasi pandemi. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.