Dewan Pers

Dark/Light Mode

Sisihkan Sebagian Pendapatan Reksa Dananya

INSIGHT Persembahkan 3 Program CSR Untuk Sumba

Kamis, 23 Juni 2022 18:29 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Insight Investments Management (INSIGHT) bersama dengan Yayasan Inspirasi Indonesia Membangun (YIIM) memberikan bantuan kepada masyarakat Kampung Praiyawang dan Desa Kambatana, Nusa Tenggara Timur (NTT), melalui program Corporate Social Responsibility (CSR).

Bantuan yang diberikan berupa pengadaan sumur dan bak tampung, pemeriksaan kesehatan gratis, bantuan obat-obatan, dan sembako, serta buku dan alat tulis untuk anak-anak.

INSIGHT menjalankan kegiatan CSR sejalan dengan salah satu program prioritas pemerintah, yakni perbaikan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Kegiatan CSR INSIGHT tersebut ditujukan bagi masyarakat Kampung Praiyawang, Kecamatan Rindi, Kabupaten Sumba Timur, NTT. 

Berita Terkait : Gelaran Mudik Lancar, Pengamat Nilai Pelayanan BBM Pertamina Patra Niaga Excellent

Selain merupakan wujud kepedulian dan konsistensi INSIGHT menjalankan visi dan misi perusahaan, program CSR tersebut juga sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) secara global.

Pengadaan sumur, bantuan kesehatan, sosial, dan kebutuhan pendidikan masyarakat berkaitan dengan tujuan nomor 3 tentang kesehatan, nomor 4 tentang pendidikan, nomor 6 tentang ketersediaan dan manajemen air bersih, dan nomor 17 tentang kemitraan masyarakat untuk mencapai tujuan bersama.

Sumber air merupakan hal krusial yang harus diakses oleh masyarakat karena berkaitan dengan kebutuhan sehari-hari, salah satunya untuk dapat dikonsumsi.

Sebelum mendapatkan bantuan ini, sehari-hari masyarakat biasa mendapatkan air dengan cara membeli air yang dijual menggunakan tangki air.

Berita Terkait : Satgas Sebar Masker Dan Perkuat Duta Perubahan Perilaku

"NSIGHT melihat kebutuhan air bagi masyarakat di Kampung Praiyawan cukup besar, sehingga diharapkan melalui pengadaan sumur bor dan pembangunan bak tampung air dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara bebas untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Termasuk, untuk beternak dan pemenuhan standar tempat wisata.

"Karena ternyata masyarakat di sini memperoleh penghasilan dari dua hal tersebut," jelas Direktur Utama PT Insight Investments Management Ekiawan Heri Primaryanto, Kamis (23/6).

Pengerjaan pengadaan sumur bor air bersih dimulai sejak Januari hingga Maret 2022. Pihak INSIGHT dan YIIM selalu memonitor proyek tersebut. Mulai dari proses survei, hingga instalasi jaringan pipa. Hal ini dilakukan untuk memastikan masyarakat sekitar memiliki akses air berkualitas.

Bantuan diserahkan langsung kepada Kepala Desa Priyawang. Bantuan tersebut berupa satu pompa tipe submersible, tiga toren kapasitas 5.200 liter, tiga dudukan toren pasangan batu, instalasi pipa hdpe 1,5 inch 400 meter, plus biaya instalasi meter listrik PLN 2.200 Watt.

Berita Terkait : 35 Persen Gunakan Produk Lokal

Saat ini, sebanyak 18 kran terinstalasi saluran pipa air dari bak penampung menuju rumah adat, dan fasilitas umum menuju puskesmas pembantu. Sebanyak 200 orang di kampung adat Praiyawang telah menerima manfaat bantuan air bersih yang diberikan.
 Selanjutnya