Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Melihat Supermarket Peralatan Berat Seluas 75 Hektar

35 Persen Gunakan Produk Lokal

Selasa, 11 Januari 2022 08:00 WIB
Direktur utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati (kedua kiri), saat meninjau workshop pengelasan pipa  kilang Balikpapan, di  kalimantan  Timur, Sabtu (8/1). (Foto: Istimewa)
Direktur utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati (kedua kiri), saat meninjau workshop pengelasan pipa kilang Balikpapan, di kalimantan Timur, Sabtu (8/1). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tidak gampang menggambarkan bagaimana tahapan proyek kilang minyak itu dibangun. Tapi, sederhananya kira-kira begini. Bayangkan saja kita bermain puzzle tiga dimensi. desain atau gambar yang kita inginkan itu dipecah jadi potongan berbagai ukuran. kecil sampai besar. Meskipun ambyar saat pengiriman, kita bisa susun ulang mengikuti pola, menyesuaikan ukuran. Tiap potongannya diberi barcode digital. Sehingga saat di-scan, akan ketahuan di mana persisnya potongan itu harus dipasang atau diletakkan.

Baca juga : Di Tangan Pertamina, Produksi Minyak Blok Rokan Lebih Hebat

Nah, potongan-potongan itu, di Balikpapan jumlahnya sangat banyak, besar-besar dan bahkan super berat, hingga ribuan ton. Butuh lahan yang luas sekali untuk menyimpan materialnya. Pertamina menyewa dua lokasi yang luasnya 37 hektar dan 75 hektar untuk keperluan ini. Tempatnya di kariangau, sekitar 1 jam perjalanan dari proyek kilang.

Baca juga : Blok Rokan Digenjot Tingkatkan Produksi

Dirut Pertamina Nicke Widyawati dan rombongan pemimpin media nasional juga berkunjung ke lokasi ini. kita seperti melihat supermarket material dalam ukuran sangat sangat luas. Jutaan jenis material disusun sangat rapi, sistematis dan terkoordinasi. Bahkan dari caranya menyimpan material, pengelolanya tahu mana material yang harus lebih dulu keluar, dan mana yang belakangan.

Baca juga : Catat! Ini Syarat Perjalanan Darat Selama Nataru

Nicke terkagum-kagum dengan logistic management system yang dijalankan, sehingga menghasilkan cara yang sangat bagus untuk mengorganisir material itu. “Melihat cara mengorganisir logistik sebaik ini, maka tak ada alasan terlambat karena material juga sudah siap. Nggak mungkin proyeknya nggak jadi,” kata Nicke.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.