Dark/Light Mode

Wapres Jempolin Penghargaan CSR Dan Pembangunan Desa Berkelanjutan Yang Digelar ISSF

Jumat, 24 Juni 2022 12:08 WIB
Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar, Ketua umum ISFF Sudarmanto saat memberikan penghargaan. (Foto : Ist)
Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar, Ketua umum ISFF Sudarmanto saat memberikan penghargaan. (Foto : Ist)

 Sebelumnya 
Sementara itu menurut Ketua Umum ISSF Sudarmanto mengatakan bahwa dari 64 perusahaan dan lembaga lainnya, terdapat 88 program yang mendapatkan penghargaan dengan kategori 22 Gold, 53 Silver, 13 Bronze serta 4 perorangan dengan kategori 3 Excellent dan 1 Outstanding.

Harapannya, Sudarmanto juga mengatakan ajang ini akan digelar setiap tahun dengan harapan dapat menggugah dan memotivasi berbagai pihak untuk terus meningkatkan kinerja terbaiknya dalam pengembangan desa berkelanjutan.

Baca juga : UU Pastikan Presiden Selanjutnya Lanjutkan Pembangunan IKN Nusantara

Hal yang sama juga diungkapkan oleh General Manager PT PJB UP Gresik Ir. Sidik Wiyono, MM yang berharap awarding ini diadakan rutin setiap tahun sebagai ajang evaluasi kegiatan CSR yang dilakukan  oleh perusahaan agar terus menjadi lebih baik.

Seperti diketahui PJB UP Gresik merupakan salah satu peserta yang memperoleh penghargaan kategori Gold dengan program pengembangan desa wisata lontar. 

Baca juga : Gus Halim Tekankan Pentingnya Peran BUMN Dan Swasta Untuk Pembangunan Desa Berkelanjutan

Kategori Gold juga diperoleh PT Asmin Bara Bronang yang merupakan perusahaan anggota ISSF di Kalimantan Tengah. Bahkan tidak tanggung-tanggung semua program yang diajukannya yaitu sebanyak 2 memperoleh kategori Gold dengan program Optimalisasi Peran KPB taraku Mandiri dan Rumah Pintar ABB. 

Menurut Wiwin CSR Manager PT Asmin Bara Bronang juga Ketua Forum PPM Kalimantan Tengah perolehan penghargaan ini merupakan pemacu sekaligus bisa menjadi barometer keberhasilan kegiatan pengembangan dan pemberdayaan masyarakat perusahaan. Lebih lanjut Wiwiwn mengatakan kedepan ABB akan merintis pengembangan BUM Desa karena sampai saat ini belum ada BUM Desa di sekitar wilayah operasional perusahaan karena merupakan remote area.

Baca juga : Gus Halim Kasih Penghargaan Kepada 10 Pemenang Promosi Desa Wisata

Keseriusan dalam pengembangan BUM Desa juga diperlihatkan oleh PT KPC yang juga memperoleh kategori Gold dengan program SPAMDes mengucur deras.

Menurut Ashok Mitra Chief Executive Officer PT Kaltim Prima Coal (KPC) pengembangan BUM Desa salah satunya bertujuan untuk memberikan peluang kepada para pemuda agar dapat berusaha dalam rangka mempersiapkan penghidupan masyarakat yang berkelanjutan terutama pada saat pasca tambang disamping melakukan program-program lainnya seperti perbaikan sarana dan prasarana umum, pengolahan sampah  ke sawah, pembinaan UKM dan program lainnya seperti gasifikasi batubara. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.