Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gus Halim Tekankan Pentingnya Peran BUMN Dan Swasta Untuk Pembangunan Desa Berkelanjutan

Kamis, 23 Juni 2022 21:12 WIB
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar. (Foto: Humas Kemendes PDTT)
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar. (Foto: Humas Kemendes PDTT)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) terus mendorong peran BUMN dan swasta dalam pembangunan desa.

Di antaranya dengan memberikan Penghargaan "CSR dan Pengembangan Desa Berkelanjutan Award" kepada perusahaan-perusahaan yang memanfaatkan program CSR-nya, untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa.

“Kegiatan hari ini, salah satunya untuk mengapresiasi dukungan berbagai pihak melalui CSR dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa,” ungkap Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar, dalam acara pemberian penghargaan, di Jakarta, Kamis (23/6).

Baca juga : Gus Halim Terus Galakkan Program CSR Masuk Desa

Menurut Gus Halim sapaan akrab, Abdul Halim Iskandar, sudah banyak program CSR yang masuk ke desa dan berhasil meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat melalui program pemberdayaan yang dilakukan. Ia berharap, penghargaan ini akan semakin menggalakan program CSR masuk Desa.

"Semoga semakin banyak perusahaan yang melaksanakan program CSR-nya untuk pengembangan BUM Desa dan kebangkitan ekonomi desa," harapnya.

CSR dan Pengembangan Desa Berkelanjutan Award yang diikuti 63 perusahaan dari BUMN dan swasta serta 1 Yayasan dengan 96 Program baik Program Pengembangan BUM Desa/BUM Desa Bersama maupun program CSR (pelibatan dan pengembangan masyarakat lainnya).

Baca juga : Gus Halim Kasih Penghargaan Kepada 10 Pemenang Promosi Desa Wisata

Penghargaan untuk program CSR ini meliputi dua kategori, yaitu kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), dan pengembangan BUM Desa.

Untuk kategori CSR, secara umum dinilai dari peran perusahaan terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar. Di antaranya dalam bentuk penyaluran air bersih, pembinaan kelompok tani, kelompok wanita terampil, ataupun penyaluran bantuan dlm bentuk lainnya selain uang.

Sedangkan kategori Pengembangan BUM Desa, secara umum lebih melihat peran CSR perusahaan dalam pengembangan BUM Desa dari sisi kelembagaan, pengembangan usaha hingga pengembangan jaringan pemasaran produk-produk BUM Desa serta peningkatan kapasitas pengurus BUM Desa.

Baca juga : Libatkan Masyarakat Lokal Kembangkan Pariwisata Berkelanjutan

Adapun jenjang peringkat penghargaan Gold, Silver dan Bronze menunjukkan nilai perusahaan dalam pemanfaatan program CSR.

Hasil penilaian tim juri dari Kemendesa PDTT bekerja sama dengan Indonesian Sosial Sustainability Forum (ISSF), 20 perusahaan meraih kategori Gold, 42 perusahaan meraih kategori silver dan 12 perusahaan meraih kategori bronze. Penghargaan diberikan secara langsung oleh Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.