Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sah! Per 1 Juli 2022, Angkasa Pura I Kelola Bandara Hang Nadim Batam

Sabtu, 25 Juni 2022 05:51 WIB
Penandatangan serah terima pengelolaan Bandara Hang Nadim Batam dari Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam (BP Batam) kepada PT BIB, Jumat (24/6/2022). (Dok. Angkasa Pura I)
Penandatangan serah terima pengelolaan Bandara Hang Nadim Batam dari Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam (BP Batam) kepada PT BIB, Jumat (24/6/2022). (Dok. Angkasa Pura I)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Angkasa Pura I (Persero) melalui PT Bandara Internasional Batam (PT BIB) memastikan bakal mengelola Bandara Hang Nadim Batam. Bandara tersebut siap dikelola per 1 Juli 2022 dengan masa pengelolaan 25 tahun.

Pengoperasian Bandara Hang Nadim Batam ditandai dengan penandatanganan serah terima pengelolaan dari Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam (BP Batam) kepada PT BIB, Jumat (24/6/2022).

Penandatanganan tersebut dilaksanakan oleh Kepala BP Batam Muhammad Rudi kepada Pikri Ilham Kurniansyah selaku Direktur Utama Pelaksana Badan Usaha Pelaksana PT Bandara Internasional Batam (PT BIB).

Turut hadir dalam acara serah terima tersebut adalah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Sekjen Kementerian Perhubungan Novie Riyanto, Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi, perwakilan dari Incheon International Airport Corporation (IIAC) Min Jae Chun, dan Direktur Operasi III PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) Rudy Hartono.

PT BIB merupakan konsorsium yang dibentuk oleh PT Angkasa Pura I dengan kepemilikan saham 51 persen, Incheon International Airport Corporation (IIAC) saham 30 persen, dan 19 persen saham milik PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA).

Baca juga : Keok Lawan Barito Putera, Persija Muda Tetap Jadi Pilihan

Direktur Utama PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi, yang juga merupakan Komisaris Utama PT Bandara Internasional Batam, optimistis terhadap prospek Bandara Hang Nadim Batam.

Faik Fahmi menegaskan, pengelolaan Bandara Hang Nadim Batam merupakan milestone besar perusahaan dalam pembuktian kapabilitas dan kualitas Angkasa Pura I dalam mengelola bandara.

"Kami bertekad untuk dapat mengembangkan Bandara Hang Nadim menjadi bandara berpengaruh, utamanya sebagai pusat logistik kargo udara tidak hanya di Indonesia saja, tetapi juga di kawasan regional Asia," ujar Faik Fahmi.

Menurutnya, keputusan ini juga merupakan langkah awal dalam transformasi bisnis perusahaan yang dilakukan oleh Angkasa Pura I untuk meningkatkan potensi pendapatan perusahaan.

"Bersama Incheon International Airport Corporation dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA)yang merupakan anggota konsorsium, kami bertekad untuk memfasilitasi pencapaian target pertumbuhan perekonomian Batam melalui beberapa langkah yang telah dicanangkan oleh BP Batam sebelumnya," imbuhnya.

Baca juga : Piala Presiden 2022, Madura United Pantang Remehkan Tim Debutan

Menko Airlangga Hartarto berharap Bandara Hang Nadim Batam dapat berperan positif terhadap proses supply chain barang industri.

"Airport merupakan game changer_ karena logistik dari Batam sekarang lebih mahal daripada logistik dari Singapura. Tentunya dengan adanya airport_, diharapkan dengan kerja sama ini, kargo bisa jadi hub_ untuk dapat mendorong supply chain_. Kami harap hub_ ini juga bisa menjadi gateway_," ujar Menko Airlangga.

Sementara itu, Direktur Utama PT Bandara Internasional Batam Pikri Ilham Kurniansyah optimistis dapat berkontribusi positif terhadap ekonomi Batam.

Pihaknya berharap kedatangan PT BIB dapat membawa Bandara Hang Nadim untuk menjadi lebih baik, mampu bersaing di kancah internasional.

"Kami juga berharap kehadiran Hang Nadim ini memberi dampak bagi masyarakat lokal, tidak hanya kepada PT Angkasa Pura I, tidak hanya kepada WIKA, tidak hanya kepada Incheon, tetapi masyarakat lokal juga berkembang sejalan dengan perkembangan Hang Nadim," ujarnya.

Baca juga : Angkasa Pura II Kolaborasi Dengan IATA, Changi Airport Group Dan Garuda

Sebelumnya, pada tanggal 21 Desember 2021 Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam (BP Batam) telah melakukan penandatanganan kerja sama pengelolaan (desain, pembangunan, pembiayaan, pengalihan, pengoperasian, dan pemeliharaan) dengan PT Bandara Internasional Batam.

PT Bandara Internasional Batam selanjutnya akan bertanggung jawab dalam pengoperasian dan pengembangan bandara yang meliputi renovasi, perluasan.

Selain itu, pemeliharaan terminal penumpang eksisting (Terminal 1), pembangunan terminal penumpang (Terminal 2), pengelolaan terminal kargo baru, serta pengembangan rencana induk Bandara Internasional Hang Nadim dengan konsep Logistics Aerocity.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.