Dewan Pers

Dark/Light Mode

Pertamina Patra Niaga Pastikan Penyaluran BBM Tepat Sasaran

Selasa, 28 Juni 2022 12:07 WIB
Foto: dok. Pertamina Patra Niaga
Foto: dok. Pertamina Patra Niaga

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam menyalurkan bahan bakar minyak (BBM) subsidi, merupakan salah satu amanah PT Pertamina (Persero) yang diberikan kepada Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading.

Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan energi yang terjangkau bagi masyarakat. Sebagai BBM bersubsidi, penyaluran Solar dan Pertalite penugasan ini diatur oleh regulasi, antara lain Peraturan Presiden No. 191/2014 dan Surat Keputusan (SK) BPH Migas No. 4/2020.

Berita Terkait : Lestari Ingatkan Kemajuan Teknologi Dipakai Perkuat Nilai Kebangsaan

“Dalam menyalurkan BBM subsidi ada aturannya, baik dari sisi kuota atau jumlah maupun dari sisi segmentasi penggunanya," jelas Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Alfian Nasution dalam keterangannya, Selasa (28/6).

Alfian menyampaikan, saat ini, segmen pengguna Solar subsidi ini sudah diatur, sedangkan Pertalite segmentasi penggunanya masih terlalu luas.

Berita Terkait : Gelar Eduwisata, Nara Kupu Jogya Ajak Warga Ciptakan Lingkungan Bebas Sampah Organik

"Sebagai badan usaha yang menjual Pertalite dan Solar, kami harus patuh, tepat sasaran dan tepat kuota dalam menyalurkan BBM yang disubsidi pemerintah,” ujarnya.

Menurutnya, saat ini masih terjadi di lapangan adanya konsumen yang tidak berhak mengkonsumsi Pertalite dan Solar dan jika tidak diatur, besar potensinya kuota yang telah ditetapkan selama satu tahun tidak akan mencukupi.

Berita Terkait : Verstappen Punya Kans Juara Dunia

Untuk memastikan mekanisme penyaluran makin tepat sasaran, maka Pertamina Patra Niaga berinisiatif dan berinovasi untuk melakukan uji coba penyaluran Pertalite dan Solar bagi pengguna berhak yang sudah terdaftar di dalam sistem MyPertamina.

“Kami menyiapkan website MyPertamina yakni https://subsiditepat.mypertamina.id/ yang dibuka pada 1 Juli 2022. Masyarakat yang merasa berhak menggunakan Pertalite dan Solar dapat mendaftarkan datanya melalui website ini. Sistem MyPertamina ini akan membantu kami dalam mencocokan data pengguna,” lanjut Alfian.
 Selanjutnya