Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Lestarikan Lingkungan, INSA Lakukan Transplantasi Terumbu Karang

Selasa, 28 Juni 2022 22:52 WIB
Foto: Khairizal Anwar/Rakyat Merdeka.
Foto: Khairizal Anwar/Rakyat Merdeka.

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesian National Shipowners Association (INSA) melakukan aksi nyata pelestarian lingkungan. Salah satunya dengan aksi transplantasi terumbu karang di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, Selasa (28/6).

Cakupan pelestarian terumbu karang ini kurang lebih luasnya 377 meter persegi dan sekaligus pembuatan 188 unit substrat dengan memberdayakan masyarakat setempat.

Pelepasan substrat dilakukan bersama-sama pengurus Dewan Pengurus Pusat (DPP) INSA, Bupati Kepulauan Seribu Junaedi dan pejabat pemerintah setempat di Kepulauan Tidung.

Baca juga : Implementasikan Strategi Pentahelix, BNPT Resmikan KTN Dan Warung NKRI Di Sumbawa

Ketua Umum DPP INSA Carmelita Hartoto mengatakan, aksi Corporate Social Responsibility (CSR) ini merupakan salah satu bentuk kepedulian perusahaan pelayaran nasional yang tergabung di INSA terhadap kelestarian dan keberlangsungan lingkungan laut.

Carmelita menjelaskan, acara INSA Peduli Pelestarian Terumbu Karang merupakan komitmen INSA dalam pelestarian lingkungan hidup, sekaligus menunjukkan dukungan INSA terhadap konsep ekonomi biru serta pembangunan yang berkelanjutan.

"Acara ini tidak semata seremonial CSR, tapi juga merupakan bentuk komitmen INSA untuk ikut menjaga dan melestarikan lingkungan khususnya laut kita," katanya.

Baca juga : Keren! Sekolah Vokasi Kemenperin Olah Darah Sapi Jadi Pupuk Organik Cair

Wakil Ketua Umum III DPP INSA Nova Y Mugijanto mengatakan, INSA Peduli Pelestarian Terumbu Karang ini merupakan bentuk kepedulian pengusaha pelayaran nasional terhadap lingkungan di sekitar. Terutama, terhadap pemulihan ekosistem terumbu karang yang telah rusak di beberapa spot-spot Kepulauan Seribu.

Selain manfaat dari segi lingkungan, kata Nova, pelestarian terumbu karang juga berdampak untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, karena keindahan biota laut yang terjaga dapat dijadikan objek wisata yang menarik bagi wisatawan.

"Usaha kita melakukan pelestarian terumbu karang ini bisa berdampak pada kelangsungan hidup berbagai jenis ikan maupun rumput laut, yang bisa dimanfaatkan untuk objek wisata atau dikonsumsi serta dijual sebagai sumber pendapatan dan ekonomi masyarakat," jelasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.