Dark/Light Mode

Implementasikan Strategi Pentahelix, BNPT Resmikan KTN Dan Warung NKRI Di Sumbawa

Selasa, 28 Juni 2022 13:16 WIB
Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar saat menggelar soft launching Kawasan Terpadu Nusantara (KTN) di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, berpusat di Universitas Teknologi Sumbawa (UTS). (Foto: Humas BNPT)
Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar saat menggelar soft launching Kawasan Terpadu Nusantara (KTN) di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, berpusat di Universitas Teknologi Sumbawa (UTS). (Foto: Humas BNPT)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) kembali menggelar soft launching Kawasan Terpadu Nusantara (KTN) di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, berpusat di Universitas Teknologi Sumbawa (UTS).

Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar mengatakan, KTN yang berpusat di UTS ini merupakan implementasi strategi pentahelix penanggulangan terorisme.

Di mana, akademisi, pemerintah, masyarakat, dan pelaku usaha berperan dalam pengembangan KTN di Kabupaten Sumbawa.

Baca juga : Tumbuhkan Minat Baca Anak, Sarana Jaya Resmikan Taman Baca Samawa

"Ini program deradikalisasi yang dikembangkan BNPT di tengah masyarakat bekerja sama dengan semua pihak termasuk akademisi, kalangan pemerintah pusat, daerah," jelas Boy Rafli, seperti keterangan yang diterima RM.id, Selasa (28/6).

BNPT secara simbolis menyerahkan benih ikan nila dan bibit tanaman hortikultura kepada Kepala Desa Batu Bulan, Kepala Desa Maman, Kepala Desa Pernek, Kepala Desa Leseng, serta perwakilan Koperasi "Mitra Harmoni Abadi".

KTN yang bergerak dalam bidang perikanan, peternakan, pertanian dan pariwisata ini akan dikelola oleh mitra deradikalisasi dan masyarakat.

Baca juga : Wamendag Promosikan Produk Makanan Dan Minuman RI Di Seoul

Dalam kesempatan yang sama, Kepala BNPT, Gubernur NTB Zulkieflimansyah dan Rektor UTS, Rektor UTS Chairul Hudaya juga meresmikan Wadah Akur Rukun Usaha Nurani Gelorakan NKRI (Warung NKRI) yang berada di UTS Green Cafetaria.

Warung NKRI akan menggiatkan dialog dan diskusi kebangsaan untuk menggugah semangat persatuan, toleransi dan perdamaian.

Gubernur NTB mengapresiasi BNPT melalui hadirnya KTN dan Warung NKRI. Menurutnya dengan keberadaan program-program milik BNPT ini, NTB aman dan bebas dari terorisme. Ia berharap, KTN Sumbawa dan Warung NKRI yang berpusat di UTS dapat membawa dampak positif bagi NTB dan Indonesia.

Baca juga : Penyaluran Kredit Hijau BRI Capai Rp 639,9 T

"NTB ini banyak international events, salah satu persyaratan international events adalah keamanan, dengan adanya hal seperti ini (program KTN dan Warung NKRI) NTB menjadi aman, menyenangkan untuk kita semua. Saya kira UTS juga tempat semua provinsi sehingga hal-hal baik dari sini dapat didistribusikan ke seluruh Indonesia," beber Zulkieflimansyah.

Selain mengunjungi UTS, Kepala BNPT juga berkesempatan mengunjungi Bendungan Batu Bulan di Kecamatan Moyo Hulu.

Nantinya, bendungan ini akan menjadi bagian dari program KTN bekerja sama dengan Kementerian PUPR dan pemerintah setempat. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.