Dark/Light Mode

Pelaku Usaha Ini Sukses Berdayakan Peternak Lebah Lokal Bersama Shopee

Rabu, 29 Juni 2022 15:59 WIB
Pemilik usaha Sarang Maduku Andoni Pridatama. (Foto: : Istimewa)
Pemilik usaha Sarang Maduku Andoni Pridatama. (Foto: : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejak bergabung dengan Shopee pada tahun 2019, pemilik usaha Sarang Maduku Andoni Pridatama kian sukses memasarkan produknya ke berbagai daerah di Indonesia.

Berlanjut di tahun 2020, pria yang akrab disapa Doni ini mulai kebanjiran order. Dia lalu meningkatkan permintaan madu kepada peternak lebah untuk menyediakan minimal 3 ton madu dalam satu bulan.

“Saat itu kebetulan pandemi datang. Berbagai informasi pentingnya menjaga imun tubuh dengan konsumsi madu cukup banyak disorot media dan berdampak positif pada penjualan yang meningkat drastis,” jelas Doni dalam keterangan resminya, Rabu (29/6).

Tak hanya mengutamakan strategi pemasaran pada toko online Sarang Maduku, Doni juga terus menjaga hubungan baik dengan mitra dan karyawan. Doni memberlakukan membeli madu dengan harga spesial untuk peternak lebah.

Baca juga : Wamen ATR Bahas Bank Tanah Bersama DPD

“Perlahan, kami terus menambah jumlah karyawan. Dari hanya satu karyawan, sekarang sudah ada 13 karyawan yang merupakan warga sekitar,” ungkapnya.

Berawal saat Doni berkunjung ke area peternakan lebah. Di sana, dia bertemu peternak yang bercerita kalau penghasilannya tidak menentu karena belum memiliki kerja sama dengan pelaku usaha. Mereka bercerita mengenai kendala mengembangkan produksi madu. Biasanya, hasil produksi madu mereka itu dikumpulkan dulu dari sesama peternak, lalu baru dijual.

“Melihat ada peluang bisnis yang baik sekaligus dapat membantu para peternak lebah, akhirnya saya tawari untuk kerja sama dengan saya,” cerita Doni.

Melihat semangat peternak lebah untuk membantu Doni memulai mengembangkan usahanya, membuat Doni gencar mempelajari strategi penjualan yang tepat di era serba digital ini.

Baca juga : Wah, Bisa Rame Nih...

Dia mencari berbagai informasi seputar bisnis digital, hingga seorang teman merekomendasikannya untuk memulai membuka usaha melalui Shopee. Awalnya, Doni hanya berani memesan madu 25 kg untuk 1 bulan ke peternak.

“Saat itu tahun 2019 saya mulai usaha dan langsung buka toko di Shopee. Saya juga mempelajari bagaimana strategi berjualan di Shopee dari berbagai sumber di internet,” ungkap mantan pegawai bank tersebut.

Keseriusannya dalam memaksimalkan penjualan online ini pun membuahkan hasil. Doni mulai menemukan ritme dan strategi penjualan yang tepat untuk Sarang Maduku.

Berbagai strategi penjualan online dilakukannya. Seperti memaksimalkan program Gratis Ongkir Xtra, Cash Back Xtra, promosi iklan, dan aktif mengikuti kampanye di Shopee seperti Murah Lebay dan tanggal kembar.

Baca juga : 3 Produk Reksa Dana Insight Sabet Penghargaan Internasional Refinitiv Awards 2022

Dalam meraih kesuksesan produknya, Doni juga mengembangkan usaha Sarang Maduku dengan sistem kemitraan. memengaruhi penghasilan peternak lebah yang menjadi mitra Doni.

Seperti yang dialami oleh salah satu mitra peternak lebah Sarang Maduku, Eko Budiono. Eko mengatakan, kini sudah memiliki penghasilan tetap karena madunya terjual dengan stabil melalui Sarang Maduku.

“Saya bergabung dengan usahanya Mas Doni dan harga pasar yang dikasih mas Doni di atas harga peternak biasanya. Jadi lebih menguntungkan buat saya,” ungkapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.