Dark/Light Mode

Formula E Jakarta Sukses Berat, Penonton Membludak, Sirkuit Bersih Sepanjang Acara

Sabtu, 4 Juni 2022 19:16 WIB
Tim Saber Artha Graha Peduli aktif membersihkan sampah di sepanjang penyelenggaraan Jakarta Formula E di Jakarta International E-Prix Circuit, Ancol, Sabtu (4/6). (Foto: M Qori Haliana/RM)
Tim Saber Artha Graha Peduli aktif membersihkan sampah di sepanjang penyelenggaraan Jakarta Formula E di Jakarta International E-Prix Circuit, Ancol, Sabtu (4/6). (Foto: M Qori Haliana/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Balap mobil listrik Formula E yang dihelat di Jakarta International E-Prix Circuit, Ancol pada hari ini, berlangsung sukses.

Event perdana di Asia Tenggara yang diliput lebih dari 150 jurnalis mancanegara itu, tak hanya sukses menyedot pengunjung karena seluruh tiketnya habis terjual, tetapi juga bersih di sepanjang penyelenggaraan.

Dalam hal ini, Panitia Pelaksana telah menyiapkan antisipasi, agar sirkuit tetap bersih dari sampah. Di sekeliling sirkuit, tersebar tempat sampah ukuran besar. Memudahkan penonton yang ingin membuang sampah makanan.

Baca juga : Serunya Nonton Formula E Hanya Berbatas Pagar Kawat

 

Tempat sampah organik dan anorganik disebar panitia di lokasi acara Formula E di JIEC, Ancol untuk menjaga kebersihan di area tersebut. (Foto: Dede Iswadi Idris/RM)

 

Tempat sampah ini merupakan sumbangan salah satu sponsor Formula E Jakarta, Krisbow.

Baca juga : Formula E, Sirkuit Jakarta Bisa Repotkan Pembalap

Selain itu, juga ada tim Sapu Bersih (Saber) dari Artha Graha Peduli yang bertugas memunguti sampah, yang tak sengaja tercecar di area pantai, fan zone hingga bangku penonton.

Total, ada 200 personel yang dikerahkan di berbagai titik. Mulai dari Pintu Karnaval, Pintu Akses Bende, sampai arah pintu keluar timur. Demi memastikan sirkuit JIEC tetap bersih dari sampah, selama balapan berlangsung. Tak menunggu sampai acara usai. 

"Ini sudah visi-misi kami sejak lama, agar jangan menunggu acara selesai baru bersih-bersih. Ini merupakan kontribusi kecil AGP, untuk masyarakat. Agar selalu teredukasi pentingnya kebersihan, dan menjaga lingkungan hidup yang berkelanjutan," kata salah satu anggota tim Saber AGP, Icuk Jelaksito.

Baca juga : Tiket Formula E Rp 250 Ribu Bebani Pengunjung Ancol

Jakarta Formula E dihadiri oleh Presiden Jokowi, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Ketua DPR Puan Maharani, Ketua MPR Bambang Soesatyo, dan sejumlah menteri. Seperti Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Pemuda Dan Olahraga Zainudin Amali, Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofjan Djalil, dan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.