Dark/Light Mode

Dorong Perluasan Bisnis Minyak Atsiri

Menperin Tebar Insentif Ke Perusahaan Jepang

Kamis, 30 Juni 2022 06:20 WIB
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita melakukan pertemuan dengan perusahaan industri yang bergerak di bidang flavors and fragrances. (Foto : Dok. Kementerian Perindustrian).
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita melakukan pertemuan dengan perusahaan industri yang bergerak di bidang flavors and fragrances. (Foto : Dok. Kementerian Perindustrian).

 Sebelumnya 
Satoshi Masumura mengata­kan, pihaknya memiliki pabrik untuk memproduksi flavors and fragrances di Cikarang, Jawa Barat (Jabar). Dan di Purwokerto, Jawa Tengah, Takasago juga memiliki fasili­tas kebun dan pengolahan awal minyak atsiri.

“Lini bisnis kami adalah pem­buatan dan penjualan flavors and fragrances, bahan aroma dan fine chemical. Kekuatan kami yakni kemampuan riset dan pengembangan inovasi produk baru,” ujar Masumura.

Dalam pertemuan tersebut, Takasago Indonesia berkomit­men mengalokasikan 10 persen nilai investasi untuk pengembangan metode produk­si. Termasuk rekayasa produk yang ramah lingkungan untuk mengurangi konsumsi sumber daya energi.

Baca juga : PM Inggris: Perang Ukraina Tak Mungkin Terjadi, Kalau Putin Perempuan

Selain bertemu dengan Presi­dent & CEO Takasago Inter­national Corporation Satoshi Masumura, pada Selasa (28/6), Menperin juga bertemu dengan perwakilan perusahaan-peru­sahaan kimia di Jepang. Yakni AGC Inc, Mitsubishi Chemical Group, dan KAO Chemical, yang telah berada dan berkem­bang di Indonesia.

Agus mengajak perusahan tersebut mengembangkan in­vestasi di Indonesia, seiring tumbuhnya pasar dan dukungan regulasi.

CEO AGC Inc Yoshinori Hi­rai menyampaikan permintaan dukungan untuk ketersediaan bahan baku garam industri, yang saat ini sudah masuk dalam ne­raca komoditas.

Baca juga : Menperin Perkuat Kerja Sama Otomotif RI-Jepang

“Kami juga meminta dukungan Pemerintah Indonesia terkait pengamanan pasokan dan harga untuk bahan baku dan energi,” ujar Yoshinori Hirai.

CEO Mitsubishi Chemical Group (MCG) Jean-Marc Gilson menyampaikan arah pengem­bangan produk kimia khusus yang menyokong kebutuhan ma­terial pada elektronik, kesehatan dan life science.

“Kami berharap MCG per­masalahan infrastruktur terkait ketersediaan pelabuhan yang memadai untuk logistik dan akses lainnya bisa difasilitasi Pemerintah Indonesia,” harap Jean-Marc.

Baca juga : Penelitian : Ribuan Anak Asia Tenggara Mengalami Tantangan Malnutrisi

Senada, CEO KAO Yoshi­hiro Hasebe menyampaikan, pihaknya akan melakukan pen­jajakan investasi untuk beberapa teknologi dan produk.

Seperti aspal dari plastik, sistem drone untuk fungisida sawit, serta produk mosquito dengue serum yang terbukti mencegah demam berdarah dengue. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.