Dark/Light Mode

Percepat Pemulihan UMKM Kalimantan Barat, Menkop Apresiasi Saprahan Khatulistiwa 2022

Senin, 4 Juli 2022 19:04 WIB
Foto: Dok. Kemenkop UKM
Foto: Dok. Kemenkop UKM

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki mengapresiasi Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) dan Bank Indonesia (BI) yang telah menginisiasi acara Saprahan Khatulistiwa 2022.

Acara tersebut diharapkan mempercepat pemulihan ekonomi Kalbar, khususnya bagi UMKM, pariwisata, dan industri keuangan.

Baca juga : Bangun UMKM dari FABA, Menteri PPPA Bintang Apresiasi Gebrakan PLN

"Rangkaian kegiatan Saprahan Khatulistiwa diharapkan dapat memperluas akses pembiayaan dan pemasaran UMKM dan juga dapat menghasilkan inovasi terbaik bagi upaya pemulihan ekonomi Kalimantan Barat," ujarnya dalam acara Saprahan Khatulistiwa 2022 secara virtual, Senin (4/7).

Menteri Teten menegaskan, adopsi teknologi dan inovasi digital terbukti mampu memperkuat UMKM bertahan dan produktif selama pandemi.

Baca juga : Tarian Dan Sate Semarakkan Indonesia-Finland Festival 2022

Teknologi digital ini mempermudah akses pembiayaan UMKM, melalui kredit scoring dan manajemen risikonya, penyaluran pinjaman melalui teknologi keuangan (fintech) yang saat ini telah mencapai Rp 362 triliun kepada lebih dari 13,5 juta penerima.

"Saat ini, sudah ada 19 juta UMKM masuk ke ekosistem digital di mana target di tahun 2024 adalah 30 juta UMKM. Serta target 1 juta UMKM on-boarding dalam e-katalog di tahun 2022 dalam rangka kebijakan afirmasi alokasi 40 persen belanja barang Pemerintah untuk produk UMKM," ucap Menteri Teten.

Baca juga : Jawara Kuningan Dukung Sandi Capres 2024

Selain itu, sambungnya, ekonomi digital Indonesia pada tahun 2020-2030 juga diperkirakan akan mencapai Rp 5.400 triliun dan menjadi yang terbesar di kawasan Asia Tenggara.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.