Dark/Light Mode

Bangun UMKM dari FABA, Menteri PPPA Bintang Apresiasi Gebrakan PLN

Rabu, 29 Juni 2022 21:13 WIB
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati (kanan), apresiasi bantuan PLN dalam pengembangan UMKM Center yang dibangun dari FABA. (Dok. PLN)
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati (kanan), apresiasi bantuan PLN dalam pengembangan UMKM Center yang dibangun dari FABA. (Dok. PLN)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT PLN (Persero) mendukung pembangunan pusat pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Manado, Sulawesi Utara yang memanfaatkan limbah sisa pembakaran batubara atau atau Fly Ash Bottom Ash (FABA) dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Amurang.

Pusat pengembangan UMKM yang dibangun menggunakan FABA tersebut adalah WINStore di Manado.

Fasilitas ini telah diresmikan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Steven Kandouw beserta jajaran pemerintah daerah, serta General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo (UIW Suluttenggo), Leo Basuki, pada Senin (27/06).

Baca juga : Atasi Krisis Pangan & Energi, Gerindra Apresiasi Misi Perdamaian Jokowi

Dalam mendukung pengembangan UMKM di Sulawesi Utara, PLN berkolaborasi dengan Womenpreneurs Indonesia Networks (WIN).

Menteri PPPA, I Gusti Ayu Bintang Darmawati mengapresiasi PLN yang mendukung program inisiatif Womenpreneurs Indonesia Networks, dalam memprakarsai konsep WINStore dan WINKitchen yang pertama di Indonesia.

“Terkait pemanfaatan FABA sebagai bahan baku konstruksi gedung WINStore, merupakan salah satu inovasi yang baik dan harus terus dikembangkan," kata Menteri Bintang Puspayoga, sapaan akrab I Gusti Ayu Bintang Darmawati.

Baca juga : Bangun Crisis Center IKN, Wantannas Kunjungi TIOC Telkom

WINStore merupakan pusat pengembangan UMKM yang memberdayakan peran perempuan dalam menciptakan produk-produk lokal yang dapat dijual kepada masyarakat.

General Manager PLN UIW Suluttenggo, Leo Basuki menerangkan dalam pembuatan fisik gedung WINStore, PLN memanfaatkan FABA PLTU Amurang sebanyak 364 Ton sebagai bahan baku konstruksinya.

“Sesudah melihat konsep pengembangan UMKM di Manado, ternyata sejalan dengan program PLN. Ini yang awalnya sebagai program operasional, kami buat terlembagakan dengan menghadirkan WINStore dan WINKitchen,” terang Basuki.

Baca juga : Sandiaga Ajarkan Trik Mendesain Kemasan Produk

Selain WINStore, diresmikan juga WINKitchen yang bertajuk Green Smart Cooking di mana PLN mendukung dari segi penyediaan kompor induksi yang ramah lingkungan dan lebih efisien.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.