Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tinjau Pelabuhan Merak, Kapolri Apresiasi Masyarakat Yang Mudik Lebih Awal

Selasa, 26 April 2022 13:54 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat meninjau kesiapan mudik di Pelabuhan Merak Selasa (26/4). (Foto: Divhumas Polri)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat meninjau kesiapan mudik di Pelabuhan Merak Selasa (26/4). (Foto: Divhumas Polri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengapresiasi kepada masyarakat yang telah menindaklanjuti imbauan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk melakukan mudik Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran tahun 2022 lebih awal sebelum prediksi puncak arus mudik pada 28-30 April 2022.

Hal tersebut disampaikan Kapolri saat meninjau kesiapan mudik di Pelabuhan Merak Selasa (26/4). Peninjauan dilakukan Sigit bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, serta stakeholder terkait lainnya.

"Kami sangat berterima kasih dan mengapresiasi masyarakat yang telah mendengarkan imbauan mudik yang disampaikan Bapak Presiden, tentunya yang telah ditindaklanjuti oleh menteri-menteri terkait untuk mengimbau masyarakat agar mudik lebih awal," ujar Sigit usai meninjau Pelabuhan Merak.

Baca juga : Isi Reses DPR, Marsiaman Serahkan Bantuan Ke Masyarakat di Riau

Sigit menyatakan, pergerakan arus mudik Lebaran tahun ini juga sudah terjadi pada siang hari ini. Dari laporan yang diterima, Pelabuhan Merak sudah masuk ke dalam situasi kuning lantaran terjadinya lonjakan penumpang.

"Sempat ada penyetopan sementara di jalur yang sudah dipersiapkan dan kemudian kita liat juga di seluruh dermaga terlihat sudah penuh. Artinya, kita melihat terjadi pergeseran waktu masyarakat yang akan melaksanakan mudik khususnya di wilayah Merak," ucap mantan Kabareskrim Polri ini.

Menurut Sigit, mudik lebih awal yang diputuskan oleh masyarakat akan mencegah terjadinya potensi kemacetan pada H-4 hingga H-1 Lebaran. "Kalau ini bisa kita urai tentunya kemacetan pun kita harapkan bisa semakin kita kurangi," tuturnya.

Baca juga : BKS: Ini Artinya, Masyarakat Nurut Saran Pemerintah Untuk Mudik Lebih Awal

Dalam tinjauannya ke Pelabuhan Merak kali ini, Sigit beserta Menteri terkait juga mengecek langsung kesiapan pos pengamanan, pos pelayanan dan pos terpadu.

Dia memastikan, fasilitas yang disediakan untuk melayani para pemudik dan warga setempat yang hendak melengkapi vaksinasi hingga dosis ketiga atau booster telah siap dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

Tak hanya itu, demi memastikan keamanan masyarakat yang hendak mudik, Sigit menegaskan, pihaknya juga telah melakukan pemantauan dan pengawasan di posko command center yang telah disediakan.

Baca juga : ASDP Imbau Masyarakat Mudik Lebih Awal Dan Beli Tiket Via Ferizy

"Tadi di pos pam di monitor bagaimana semua terkoneksi dengan BNPB dan stakeholder lainnya termasuk situasi-situasi yang memang harus diketahui dengan menggunakan CCTV dan tersambung Command Center kita lihat semua terkoneksi dengan baik. Tentunya harapan kita ini juga bisa memberikan pelayanan yang jauh lebih baik kepada masyarakat yang akan mudik," ungkap eks Kapolda Banten itu.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.