Dark/Light Mode

Tarian Dan Sate Semarakkan Indonesia-Finland Festival 2022

Kamis, 9 Juni 2022 23:18 WIB
Para pengunjung Indonesia-Finland Festival 2022 menunggu sate yang sedang dibakar. (KBRI Helsinki)
Para pengunjung Indonesia-Finland Festival 2022 menunggu sate yang sedang dibakar. (KBRI Helsinki)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ratusan warga Indonesia, Finlandia, dan pengunjung dari berbagai negara lainnya menikmati pengalaman berada di Indonesia dalam Festival Musim Panas, 4-5 Juni 2022. 

Sambil menikmati sajian kuliner Indonesia, para pengunjung dihibur aneka tari tradisional seperti Tor-tor, Lenggang Nyai, Gaba-Gaba, musik angklung, hingga berbagai penampilan lagu dan musik modern yang mengajak penonton bergoyang.

Lokasi Indonesia-Finland Festival di Pusat Kota Helsinki: Rautatientori, 4-5 Juni 2022. (Foto KBRI Helsinki)

Baca juga : Cegah Stunting, Danone Indonesia Luncurkan Rumah Bunda Sehat Di Bogor

Festival yang digelar di Rautatientori, pusat Kota Helsinki terasa semarak. Festival ini juga memiliki kesamaan semangat dengan Kepresidenan Indonesia di G20 yang mengangkat tema Recover Together, Recover Stronger untuk mendorong upaya bersama bagi pemulihan ekonomi dunia.

"Festival ini merupakan perayaan persahabatan antara Indonesia dan Finlandia," kata Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Finlandia Ratu Silvy Gayatri dalam keterangan tertulis yang diterima RM.id, Kamis (9/6).

Para pengunjung mencoba bermain angklung bersama pada Indonesia-Finland Festival 2022, 4-5 Juni 2022 di Helsinki, Finlandia. (Foto KBRI Helsinki)

Festival ini melibatkan KBRI Helsinki, Kementerian Luar Negeri Finlandia, Kota Helsinki, Diaspora Indonesia, Bank Indonesia, Turkish Airlines, Bank BNI, kopi Mokkamestarit, dan berbagai pemangku kepentingan.

Baca juga : Pelukis Hongaria Dan Indonesia Gelar Pameran Di Stefania Palace

Selain makanan dan pertunjukan, terdapat berbagai tenda pariwisata, kerajinan khas Indonesia, dan pojok kanak-kanak yang menawarkan pengalaman permainan khas anak-anak Indonesia.

Masyarakat Finlandia menikmati berbagai sajian kuliner Indonesia pada Indonesia-Finland Festival 2022, 4-5 Juni 2022 di Helsinki, Finlandia. (Foto KBRI Helsinki)

Usaha Kecil dan Menengah (UKM) binaan Bank Indonesia dari lima provinsi di Indonesia, UKM dari Nusantara Ry (organisasi Indonesia di Finlandia), dan pengusaha lokal Indonesia di Finlandia juga telah berpartisipasi dalam festival tersebut.

Indonesia-Finland Festival direncanakan diadakan setiap tahun untuk mengawali rangkaian acara memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. Festival ini berfungsi sebagai wadah untuk meningkatkan pemahaman bersama dan menumbuhkan kerja sama yang saling menguntungkan.

Anak-anak Finlandia belajar membatik pada Indonesia-Finland Festival 2022, 4-5 Juni 2022 di Helsinki, Finlandia. (Foto KBRI Helsinki)

Baca juga : Tahun Ini, BSI Layani 80 Persen Total Jemaah Haji Indonesia

Di Kids' Corner, anak-anak dapat merasakan pengalaman permainan tradisional anak Indonesia dan Finlandia seperticat wajah, dan menghias payung. Kegiatan lainnya adalah promosi perdagangan, pariwisata, dan investasi.

Promosi ini biasanya dilakukan melalui pameran produk ekonomi kreatif dari Indonesia dan Finlandia, informasi perjalanan dan pariwisata. Tak kalah pentingnya, wadah kerja sama ini juga diwujudkan melalui layanan kekonsuleran Indonesia.*** 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.