Dewan Pers

Dark/Light Mode

Agung Podomoro Pimpin Pengembangan Wilayah Sunrise Baru Di Selatan Jakarta

Selasa, 5 Juli 2022 13:21 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Pertumbuhan penjualan rumah di wilayah Bogor dan sekitarnya tercatat meningkat pesat. Terutama untuk segmen mewah.

PT Agung Podomoro Land Tbk. menjadi salah satu pendorong utama dengan mengembangkan Podomoro Golf View di kawasan Cimanggis. Podomoro Golf View ini diproyeksikan sebagai pusat pertumbuhan kawasan residensial pasca kepindahan Ibu Kota Negara (IKN).

Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch (IPW) Ali Tranghada mengatakan, wilayah Cimanggis memiliki potensi pertumbuhan yang luar biasa. Menurut Ali, karena Cimanggis mengisi kekosongan pengembangan wilayah antara Bogor dan Jakarta.

Berita Terkait : Program Irigasi Kementan Optimalkan Pengembangan Budidaya Petani Di Kulon Progo

“Ada kekosongan antara pengembangan wilayah di pusat Bogor dan Jakarta yaitu di wilayah Cimanggis yang sebenarnya memiliki potensi yang besar. Ini yang dimanfaatkan Agung Podomoro, karena pengembang besar baru ada Agung Podomoro di sana,” katanya, dalam Bisnis Indonesia Forum Group Discussion: Membedah Peluang Pengembangan Properti Residensial di Kawasan Sunrise, dikutip Selasa (5/7).

Ali menuturkan, pengembangan wilayah di Bogor sudah mulai dilakukan sejumlah pengembang besar dalam beberapa tahun terakhir.  Namun, wilayah pengembangannya relatif jauh dengan Jakarta seperti di pusat Bogor, atau di Sentul.

Situasi ini terjadi lantaran infrastruktur di Bogor yang terbatas. Akses transportasi utama yaitu Tol Jagorawi yang cenderung digunakan masyarakat menengah atas dinilai jadi salah satu kendala pengembangan wilayah.

Berita Terkait : HUT Ke-57, Telkom Dorong Pengembangan UMKM Di Kota Bangka

Sementara, kata Ali, dengan pengembangan Light Rail Transit (LRT) hingga Cimanggis makin memperluas akses ke seluruh lapisan masyarakat. Sehingga peluang pertumbuhan wilayah juga makin terbuka lebar. Ini alasan Ali bilang bahwa wilayah Cimanggis merupakan kawasan sunrise.

“Titik di Cimanggis itu sangat potensial, pengembangan Podomoro Golf View seluas 60 hektar ditambah dengan adanya Transit Oriented Development (TOD). Daerah yang tadinya kosong pasti akan tumbuh pesat, harga properti juga pasti akan naik, karena di luar negeri itu TOD biasanya meningkatkan 10-15 persen harga properti," tuturnya.

Untuk diketahui, Podomoro Golf View berada di lahan seluas 60 hektar di kawasan hijau yang sejuk dan merupakan kawasan terintegrasi yang terdiri dari hunian vertikal dan rumah tapak.

Berita Terkait : BSI Pimpin Pembiayaan Sindikasi Syariah Rp 1,34 T Di Tol Semarang-Demak

Kawasan juga dilengkapi dengan sejumlah fasilitas-fasiltas utama pusat komersial, pendidikan mulai dari jenjang taman kanak-kanak sampai universitas, hingga destinasi religi kekinian yaitu Masjid At-Thohir.
 Selanjutnya