Dark/Light Mode

IFMAC And WOODMAC 2022

Pameran Mesin Pengolahan Kayu Skala Global Bakal Digelar September

Rabu, 6 Juli 2022 17:13 WIB
Konferensi pers IFMAC & WOODMAC 2022 di Jakarta, belum lama ini. (Foto: Istimewa)
Konferensi pers IFMAC & WOODMAC 2022 di Jakarta, belum lama ini. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sempat tertunda selama dua tahun, kini International Furniture Manufacturing Components (IFMAC 2022) & WOODMAC kembali digelar. Kali ini pameran teknologi pengolahan kayu dan pembuatan furnitur tersebut bakal digelar di Jakarta International Expo Kemayoran, 21-24 September 2022.

Ditundanya pameran IFMAC selama dua tahun akibat pandemi Covid-19 membuat penyelenggaran IFMAC & WOODMAC tahun ini menjadi momen yang ditunggu oleh para pelaku industri.

"Pameran ini akan memenuhi kebutuhan mereka," ujar General Manager PT Wahana Kemalaniaga Makmur (WAKENI), Sofianto Widjaja selaku penyelenggara pameran IFMAC & WOODMAC 2022 dalam konferensi pers di Jakarta dalam keterangannya, Rabu (6/7).

Dia optimistis IFMAC & WOODMAC 2022 bisa membantu mendorong pertumbuhan produksi furnitur di Indonesia. Pameran ini akan menghubungkan produsen industri furnitur lokal dengan pemasok mesin berteknologi tinggi. Kerja sama tersebut diyakini akan menaikan standar furnitur buatan Indonesia.

Baca juga : Ferry Kono: Seremoni Penyerahan Medali Perak Olimpiade Lifter Citra Digelar September 2022

"Produk Indonesia bisa menjadi produk berkelas internasional yang memenuhi permintaan ekspor dan penjualan domestik," tambah Sofianto Widjaja.

Kerjasama WAKENI dengan Deutsche Messe, yang merupakan penyelenggara pameran permesinan kayu terbesar di dunia, LIGNA, menarik lebih banyak perusahaan Eropa dan global lainnya untuk datang menjelajahi pasar Indonesia melalui IFMAC.

Ratusan eksibitor akan hadir dari berbagai negara antara lain Austria, Australia, Cina, Finlandia, Indonesia, Italia, Malaysia, Thailand, Turki, Amerika Serikat, Singapura, dan Jerman. Produsen dan pengrajin furnitur Indonesia berharap mendapatkan teknologi yang sedang happening seperti mesin-mesin CNC terbaru, solusi software CAD/CAM untuk industri pembuatan furniture manufacturing dan woodworking 4.0.

Selain itu, juga akan dihadirkan mesin primari dan secondari dari pengolahan kayu, mesin potong, mesin basic, mesin penghalus dan demo dari para eksibitor memamerkan teknologi terbaru mereka sesuai kebutuhan.

Baca juga : Indonesia Open 2022 : Lawan Zhao Jun Peng, Jojo Gagal Balas Dendam

Beberapa perusahaan besar industri yang telah memberikan kepastian hadir antara lain PT. Felder Group Ind, Raute Group Asia, PT. Dainasint, PT, Bahtera Sukses Abadi. PT.Propan Raya, Qualitech Indopiranti, Ekamant Indonesia, Eu Nian Precision Technology Sdn Bhd, Cabinet Vision South East Asia, Global Timber Asia, Furnisoft Pte Ltd, Jowat SE, dan masih banyak lainnya.

"Selain memamerkan dan melakukan demo mesin, selama IFMAC & WOODMAC berlangsung juga akan digelar berbagai seminar yang diadakan bersama dengan asosiasi, pemerintah dan akademik," paparnya.

Seminar-seminar tersebut bertujuan menjawab persoalan-persoalan yang muncul di industri furnitur Indonesia serta memberikan wawasan terkini mengenai tren industri furnitur dunia kepada pelaku industri furnitur Indonesia.

Menjelang penyelenggaraan pameran, asosiasi-asosiasi terkait industri furnitur menyampaikan dukungannya agar IFMAC WOODMAC dapat terlaksana tahun ini setelah absen dua tahun akibat pandemi.

Baca juga : Indonesia Sambut Pameran Mesin Industri Dan Subkontrak Di Thailand

Ketua Presidium Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) Abdul Sobur mengatakan, pemanfaatan teknologi dapat menjadi solusi dalam bersaing dengan negara lain. 

Penggunaan teknologi yang memadai tidak hanya dapat meningkatkan kapasitas produksi dari industri dalam negeri, tapi juga meningkatkan efisiensi biaya produksi.

"Untuk memenuhi pasar ekspor, pelaku industry Indonesia harus beralih dari pola lama ke penggunaan teknologi canggih. Dan teknologi tidak selalu mahal. Oleh karena itu HIMKI mengajak para pelaku industri furnitur menghadiri IFMAC WOODMAC 2022 sebagai referensi dan motivasi,”"ujar Abdul Sobur.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.