Dark/Light Mode

Gotong Royong Tekan Emisi, Indonesia Power Gandeng Kolinlamil Tanam Mangrove

Rabu, 13 Juli 2022 10:02 WIB
Penanaman bibit mangrove di area pesisir Pantai Utara Pembangkit listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Priok, Jakarta Utara. (Foto: Istimewa)
Penanaman bibit mangrove di area pesisir Pantai Utara Pembangkit listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Priok, Jakarta Utara. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Indonesia Power (IP), anak usaha PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN, bersinergi dengan Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) akan melakukan penanaman mangrove.

Kegiatan ini dalam rangka mendukung Program Penanggulangan Bencana, Perubahan Iklim dan Cuaca global.

Baca juga : Genap 5 Tahun Di Indonesia, Wuling Hadirkan Air Ev

Direktur Utama IP Power, M. Ahsin Sidqi mengatakan, penanaman bibit mangrove akan dilakukan di area pesisir Pantai Utara Pembangkit listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Priok, Jakarta Utara.

“Kami siapkan 2.000 bibit mangrove dengan luas area penanaman sekitar satu hektare (ha),” ujar Ahsin di Jakarta, Selasa (12/7).

Baca juga : Lestarikan Sungai Citarum, Indonesia Power Sinergi Bareng ITB dan University of Manchester

Ia menjelaskan, penanaman ini sangat penting karena bisa men cegah terjadinya bencana di sekitar pesisir pantai seperti erosi, abrasi dan penurunan tanah. Terlebih lagi, Jakarta sudah dipastikan setiap tahunnya selalu terjadi penurunan tanah karena pemakaian air yang terus menerus.

Karena itu, pihaknya menggandeng masyarakat, Kolinlamil, stakeholder dan pihak terkait lainnya untuk ikut serta dalam menjaga kelestarian lingkungan. Termasuk menjaga dan melindungi ekosistem di pesisir pantai.

Baca juga : Diaz Hendropriyono Yakin Esports Indonesia Bersaing Di Ajang Internasional

“Ternyata, cara melawan turunnya tanah adalah dengan penghijauan. Makanya, sudah ada beberapa mangrove yang ditanam. Dan ini tidak hanya di Priok saja, tapi juga di wilayah-wilayah kerja IP lain nya,” kata Ahsin.

Selain melindungi garis pantai dari abrasi, sambung dia, tanaman mangrove juga memiliki peran dan fungsi lainnya. yaitu sebagai penyerap gas karbon dan penghasil oksigen, tempat hidup aneka biota laut, bahkan dapat meredam gelom bang besar, termasuk tsunami.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.