Dark/Light Mode

Kerja Sama Asia Dan Afrika Diklaim Saling Menguntungkan

Jumat, 15 Juli 2022 09:59 WIB
Pertemuan ke-23 Asia-Afrika 20 yang dihadiri diplomatik dan pelaku usaha dari perwakilan negara Asia - Afrika.di Wisma Duta di Tokyo pada Kamis (14/7)..
Pertemuan ke-23 Asia-Afrika 20 yang dihadiri diplomatik dan pelaku usaha dari perwakilan negara Asia - Afrika.di Wisma Duta di Tokyo pada Kamis (14/7)..

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo dan Kyodo Public Relations menggelar Pertemuan ke-23 Asia-Afrika 20 di Wisma Duta di Tokyo pada Kamis (14/7). 

Kegiatan diselenggarakan untuk mempromosikan kerja sama Indonesia dengan negara-negara Afrika kepada kalangan bisnis Jepang, serta menjajaki kemitraan trilateral dengan pihak Jepang untuk menggarap pasar Afrika. 

Peserta yang hadiri kurang lebih 100 peserta dari kalangan diplomatik dan pelaku usaha dari perwakilan negara Asia-Afrika.

Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi menekankan penguatan hubungan yang saling menguntungkan antara negara-negara Asia dan Afrika.

Baca juga : Ciro Alves Dan David da Silva Masih Absen Latihan

"Kebersamaan dan persahabatan kita yang terjalin sejak tahun 1955 harus terus diperkuat. Termasuk mempromosikan investasi, menghilangkan hambatan perdagangan dan mempromosikan kerja sama teknis," terang Heri dalam keterangan tertulisnya.

"Saya yakin kita dapat bekerja sama dalam mengoptimalkan berbagai potensi yang ada. Termasuk mengatasi tantangan di antaranya  hambatan tarif dan non-tarif, skema pembiayaan dan konektivitas," tambahnya.

Dubes Heri selanjutnya menyampaikan duka cita mendalam atas meninggalnya mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe.

Dalam kegiatan tersebut Diplomat Madya Direktorat Afrika Kementerian Luar Negeri RI Raksa Permana Ibrahim dan CEO PT. Waskita Beton Precast Poerbayu Ratsunu menyampaikan paparan terkait kebijakan dan sejumlah proyek kerja sama Indonesia dan negara-negara di Afrika.

Baca juga : Smartfren Dan Yayasan Muslim Sinar Mas Serahkan Hewan Kurban Untuk Warga

Ketua Dewan Asia Africa 20, Hisafumi Koga mengapresiasi Indonesia sebagai tuan rumah kegiatan ini.

“Terima kasih kepada Duta Besar RI yang telah menjadi tuan rumah dari kegiatan ini. Acara ini penting untuk memajukan kerja sama khususnya di bidang ekonomi antara negara-negara Asia Afrika,” ujar Koga.

Kegiatan acara ini dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat dan disajikan hidangan soto, sate ayam serta aneka jajanan khas Indonesia. Para hadirin juga dihibur dengan alunan rindik Bali.

Turut hadir, Ketua Asosiasi Indonesia Jepang (JAPINDA) Fukuda Yasuo dan pembicara kehormatan Professor Soichi Noguchi dari University of Tokyo yang juga merupakan mantan astronot dari Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA).■

Baca juga : John Riady: ESG Penting Untuk Berikan Nilai Tambah Pada Pembangunan


 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.