Dark/Light Mode

Gunakan NPK Pelangi JOS, Panen Kentang Modoinding Minahasa Selatan Naik 55 Persen

Minggu, 17 Juli 2022 08:50 WIB
Foto: dok. PKT
Foto: dok. PKT

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) kembali membuktikan keunggulan dan kualitas NPK Pelangi JOS, melalui Demonstration Plot (Demplot) komoditas kentang di Desa Linelean Kecamatan Modoinding Minahasa Selatan, Sulawesi Utara.

Koordinator Penjualan Retail PKT Wilayah Sulamapa Deny Indra Pratama mengatakan, demplot menggandeng Kelompok Tani Jaya Desa Linelean dengan peningkatan hasil mencapai 55 persen dari sebelumnya, untuk masa tanam selama 120 hari.

Ia menjelaskan, dari perhitungan rata-rata hasil demplot kentang Modoinding mencapai 15,8 ton per Hektare (Ha), dibanding perlakuan petani dengan hasil maksimal 9,9 ton per Ha.

Hal ini menunjukkan penggunaan NPK Pelangi JOS mampu meningkatkan hasil panen kentang sebesar 5,9 ton/Ha.

Baca juga : Ribuan Santri Banten Berdoa Supaya Ganjar Jadi Presiden

"Dari demplot ini kita bisa melihat peningkatan produktivitas hasil pertanian, karena NPK Pelangi JOS sangat cocok untuk segala jenis tanaman, seperti pangan, hortikultura maupun perkebunan," ujarnya, melalui keterangannya, Minggu (16/7).

Ia mengungkapkan, NPK Pelangi JOS sebagai produk terbaru PKT merupakan inovasi pertama di Indonesia, yang memadukan fungsi pupuk NPK dan pupuk hayati dalam satu produk.

Salah satu keunggulannya, mampu menjadikan tanah makin kaya akan nutrisi tanpa harus kehilangan daya dukung lahan, sehingga petani lebih efisien dalam pemakaian.

Beberapa daerah yang telah melaksanakan uji coba demplot pun telah membuktikan efektivitas NPK Pelangi JOS, dengan peningkatan hasil panen pada berbagai komoditas.

Baca juga : Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Irsjam Persi DKI Gelar Seminar-Pelatihan Nasional

Seperti kentang, padi, sawi putih dan bawang merah. Di mana, rata-rata peningkatan hasil mencapai 15-50 persen dari sebelumnya, untuk penggunaan dosis 70 hingga 100 persen.

"Kami harap, petani tidak perlu ragu akan kualitas NPK Pelangi JOS. Jika diaplikasikan dengan perlakuan serta dosis yang tepat, unsur hara akan cepat terurai dan tersedia bagi tanaman sehingga tidak menjadi residu dalam tanah," ujar Deny.

Kelompok Tani Jaya Desa Linelean Steven Kapahang mengakui, keunggulan NPK Pelangi JOS. Selain meningkatkan hasil panen, produk terbaru PKT ini juga meningkatkan kualitas tanaman. Di mana, biji kentang yang didapatkan jauh lebih besar dibanding perlakuan kebiasaan petani.

"Dari demplot ini kami membuktikan sendiri kualitas NPK Pelangi JOS. Ke depan, kami sangat merekomendasikan produk ini agar hasil panen tetap tinggi dan berkualitas," katanya.

Baca juga : Gugatan PTUN Dimenangkan Pengusaha, UMP DKI 2022 Batal Naik 5,1 Persen

Selain itu, keunggulan lain NPK Pelangi JOS juga terlihat saat masa tanam hingga panen dengan curah hujan yang tergolong tinggi. Kondisi ini, kata dia, biasanya cenderung membuat tanaman diserang jamur yang sulit dikendalikan, dan biji kentang hasil tanam pun terancam membusuk.

Namun, dengan penggunaan NPK Pelangi JOS, kentang masih dalam kondisi segar dan sehat, tanpa ada serangan jamur sedikitpun saat di panen.

"Ini menjawab persoalan dan kendala kami selama ini untuk menghasilkan kentang berkualitas," ucap Steven.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.