Dark/Light Mode

HUT Ke-66, Danamon Tanam 10 Ribu Mangrove Untuk Kurangi Emisi Karbon

Rabu, 20 Juli 2022 13:46 WIB
Bank Danamon bersama  Kelompok Nelayan, Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kota Denpasar  melakukan penanaman 10.000 pohon mangrove. (foto:ist)
Bank Danamon bersama Kelompok Nelayan, Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kota Denpasar melakukan penanaman 10.000 pohon mangrove. (foto:ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Danamon Indonesia Tbk mengajak karyawan bersinergi dengan komunitas untuk kurangi emisi karbon melalui Penanaman 10.000 Mangrove.

Tak hanya itu, Danamon kawasan Bali Nusra ini juga menginisiasi pembangunan taman kota di kawasan Kuta, Bali, dengan melibatkan karyawan dan komunitas setempat.

Kegiatan penanaman pohon mangrove ini  dalam rangka peringati HUT ke-66 Bank Danamon.

“Sebagai bagian dari keluarga MUFG, Danamon berkomitmen untuk mencapai net-zero emission dalam kegiatan operasional dan usaha pada tahun 2030,” ujar Regional Head Bali Nusra, PT Bank Danamon Indonesia Tbk, I Gusti Agus Indrawan dalam keterangan tertulisnya, Selasa (20/7).

Dikatakan Agus, Danamon selama ini telah proaktif menerapkan berbagai tindakan dalam mengurangi emisi karbon, antara lain dengan memasang solar panel di gedung-gedung Danamon, dan mengajak karyawan serta komunitas untuk memasang solar panel melalui program pembiayaan yang mudah dan ringan, serta melakukan perkiraan dan pengaturan emisi Gas Rumah Kaca secara group. 

Baca juga : Kian Matang, Polri Banjir Pujian

Termasuk anak perusahaan Adira Finance, sehingga pada tahun fiskal 2021, Danamon berhasil menurunkan kadar emisi sebesar 24,6% sejak tahun 2019 sehingga berada di 45.3K CO2e Metrik Ton.

Dengan upaya-upaya tersebut,  Danamon telah mendapatkan pengakuan berupa Sertifikat Platinum Bangunan Hijau dari Green Building Council Indonesia yang diberikan pada Maret 2022.

Ditambah, Indonesia telah menetapkan untuk mencapai net-zero emission pada tahun 2060. Ke depannya, Danamon juga melihat ketertarikan yang besar dari masyarakat dan pelaku usaha untuk berinvestasi di energi terbarukan Indonesia.

“Oleh karena itu, Danamon berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan bisnis berkelanjutan, termasuk ketersediaan teknologi ramah lingkungan untuk semua orang dan melalui sinergi dengan komunitas,” ujarnya.
 
Komitmen Penurunan Emisi

Baca juga : Pemprov Dan Baznas Bazis Bangun Kampung Gembira Di Eks Pasar Gembrong

Dengan tema “Kontribusi Danamon Dalam Penurunan Emisi Karbon Melalui Penanaman Pohon”, kegiatan ini merupakan wujud dari semangat #BersamaBersinergi sebagai tema besar HUT ke-66 Danamon. Di mana Danamon bersama Pemerintah, komunitas dan karyawan bersinergi dan berkolaborasi untuk bersama menjaga lingkungan melalui penurunan kadar emisi karbon serta efek gas rumah kaca.

Agus mengatakan, Danamon berkomitmen untuk mendukung pengembangan bisnis berkelanjutan dengan mengurangi dampak lingkungan dan sosial yang negatif sebagai akibat dari kegiatan bisnis atau usaha dan operasional yang dilakukan, aktif bekerja mencari solusi untuk masalah lingkungan global melalui kegiatan bisnis serta mematuhi undang-undang dan peraturan yang berlaku.

Menurutnya, tahun 2022 merupakan titik balik kebangkitan ekonomi dan kembalinya optimisme di Indonesia setelah ketidakpastian dan tantangan yang ditimbulkan oleh pandemi Covid-19. Bagi Danamon yang hari ini memasuki usia ke-66, ulang tahun kali ini merupakan sebuah pencapaian yang sangat membanggakan. 

Perjalanan panjang ini merupakan bukti komitmen Danamon dalam memberikan layanan keuangan dan perbankan terbaik kepada masyarakat Indonesia  di masa pandemi. 

Baca juga : HUT Ke-57, Telkom Dorong Pengembangan UMKM Di Kota Bangka

Danamon berkomitmen untuk selalu memberikan produk dan layanan terbaik selama masa pandemi kepada para nasabah dan komunitas sesuai dengan nilai-nilai yang dimiliki oleh Danamon, yaitu Berkolaborasi, Integritas, Sigap Melayani dan Adaptif (BISA).■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.