Dark/Light Mode

Astra Credit Companies Tanam 2.500 Mangrove Di Kalbar

Rabu, 25 Mei 2022 14:21 WIB
Astra Credit Companies menanam 2.500 pohon mangrove di lahan seluas satu hektar di Ekowisata Telok Berdiri, Sungai Kupah, Kubu Raya, Kalimantan Barat. (Foto: Istimewa)
Astra Credit Companies menanam 2.500 pohon mangrove di lahan seluas satu hektar di Ekowisata Telok Berdiri, Sungai Kupah, Kubu Raya, Kalimantan Barat. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Astra Credit Companies menanam 2.500 pohon mangrove di lahan seluas satu hektar. Tepatnya di kawasan Ekowisata Telok Berdiri, Sungai Kupah, Kubu Raya, Kalimantan Barat.

Chief Human Capital Officer ACC Matilda Esther mengatakan, kegiatan penghijauan ini adalah bagian dari bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) dalam menyambut HUT ke-40 perusahaan.

"Perusahaan akan memasuki usia 40 tahun. Kami ingin berbagi dan memberikan manfaat bagi masyarakat Kalimantan Barat," katanya dalam keterangan persnya, Rabu (25/5).

Kawasan Ekowisata Telok Berdiri di Sungai Kupah, Kubu Raya berada di pesisir barat Pulau Kalimantan yang berhadapan langsung dengan Laut Cina Selatan. Kawasan ini merupakan salah satu program pemerintah untuk masyarakat pesisir melalui ekowisata mangrove.

Baca juga : HUT Ke 40, ACC Tanam 2.500 Pohon Mangrove Di Kalbar

Dengan penambahan penanaman pohon dari Astra Credit Companies diharapkan bisa memberi manfaat yang lebih bagi lingkungan. Kawasan Hutan Mangrove di Ekowisata Telok Berdiri memiliki luas total 15 hektar.

Berfungsi untuk penahan abrasi dan ombak. Banyak juga digunakan untuk perkembangbiakan ikan. Selain penghijauan, di Pontianak perusahaan juga melakukan pemberian dukungan untuk Posyandu. 

"Kami memberi dukungan untuk Posyandu di Kelurahan Parit Tokaya," kata Esther.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Sungai Kupah Rudi Hartono mengaku bersyukur dengan kegiatan CSR penghijauan yang dilakukan oleh ACC. ACC merupakan perusahaan swasta pertama yang mendukung Ekowisata Telok Berdiri. Ini adalah penghijauan terbanyak dengan menanam 2.500 bibit mangrove.

Baca juga : Ganjar-Anies Tak Segesit Kang Emil

"Semoga kerja sama ini akan berlanjut di program-program yang lain seperti program pengelolaan sampah yang akan dirintis oleh Desa Sungai Kupah," imbuh Rudi.

Rudi adalah sosok yang merintis wisata mangrove dan juga penggiat hutan mangrove. Desa Sungai Kupah juga mengembangkan potensi lokal dengan membuat kerajinan tangan dan juga makanan khas seperti abon ikan dan kue stik udang. Ekowisata Telok Berdiri berhasil mendapat nominasi Anugerah Pariwisata Indonesia 2021.

Selain melakukan penanaman pohon di Ekowisata Mangrove Telok Berdiri, Astra Credits juga memberikan dukungan untuk Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di Kelurahan Parit Tokaya. ACC memberikan dukungan berupa timbangan bayi digital untuk 5 posyandu di kelurahan Parit Tokaya. 

Dukungan timbangan bayi digital tersebut diterima langsung oleh Lurah Parit Tokaya Asdaruddin dan ibu-ibu Kader Posyandu di Kelurahan Parit Tokaya.

Baca juga : Prabowo Diprediksi Hadapi Tantangan Ini Di Pilpres 2024

Dalam kegiatan CSR ini hadir juga Area Manager Sales Kalimantan ACC Adhi Sebayang, Area Manager Operation Lince Tandililing serta Branch Manager ACC Pontianak Benny Luck, Operation Head Loran Tambunan dan AR Management Head Budi Hidayat. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.