Dark/Light Mode

Zulkifli Tutup AOE 2022, Siap Bantu Pasarkan Produk UMKM Ke Pasar Internasional

Sabtu, 23 Juli 2022 20:40 WIB
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Foto: Dok. Apkasi)
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Foto: Dok. Apkasi)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengapresiasi gelaran Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2022 Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi). Zulkifli pun siap membantu memasarkan produk-produk UMKM ke pasar internasional.

Hal ini disampaikan Zulkifli saat menutup AOE 2022, di JCC Senayan Jakarta, Jumat (22/7). Dalam pidatonya, Zulkifli memberikan penghargaan dan apresiasi kepada Apkasi yang telah mampu menghadirkan kegiatan pameran tahunan yang ke-17 ini.

Baca juga : BKI Dukung Sebaran Bahan Bakar Nol Emisi Di Pelayaran Internasional

"Pameran ini penting untuk memperkenalkan produk-produk unggulan kita. Dari pameran inilah kita bisa mendapatkan data-data buyer maupun investor yang nanti bisa ditindaklanjuti menjadi konsumen besar. Sekali lagi apresiasi untuk Apkasi, tambah sukses dan jaya selalu," ucap Zulkifli.

Ketua Umum PAN ini juga mengajak semua mensyukuri, setelah melewati 2 tahun pandemi, kondisi di Tanah Air semakin kondusif, sehingga acara AOE 2022 bisa ramai dikunjungi. Namun, ia tetap mengingatkan agar kita semua tetap waspada, dengan terus membiasakan diri dengan protokol kesehatan dan gaya hidup sehat.

Baca juga : Dipakai Atlet NBA Amerika, Batik Mawar Putih Sukses Pasarkan Produk Ke Luar Negeri

“Kita syukuri juga, walaupun pandemi berlangsung 2 tahun, ekonomi Indonesia masih tumbuh di atas 5 persen, lebih baik dibanding China yang sebesar 4,8 persen, Singapura 3,4 persen, Korea Selatan 3,07 persen, dan bahkan AS pun hanya 4,29 persen,” katanya.

Menariknya, sambung Zulkifli, yang menopang ekonomi nasional ini adalah sektor UMKM, sebanyak 61 persen dengan menyumbangkan serapan tenaga kerja sebanyak 97 persen. Untuk itu, Kementerian Perdagangan mengembangkan tol-way agar UMKM, baik di dalam dan luar, bisa berkembang dengan cepat.

Baca juga : Alsintan Bantu Petani Karangasem Tingkatkan Produktivitas Pertanian

“Untuk segmen di dalam negeri, kita akan mengembangkan sejuta UMKM. Sejuta UMKM yang sudah ada akan dikembangkan dengan berbagai program Pemerintah seperti KUR dan lain-lain, serta kolaborasi dengan pengusaha-pengusaha besar yang saling menguntungkan,” katanya lagi.

Zulkifli mengaku telah mengajak dialog dengan pengusaha-pengusaha ritel yang memiliki jaringan hingga ke kampung-kampung untuk diajak kerja samanya mendorong UMKM. “Keberadaan usaha ritel besar ini tentu ini kita dukung dan tidak kita ganggu. Mereka ini memiliki gudang logistik di kabupaten masing-masing provinsi, dan supplier dan bentuk dukungannya mereka akan kita wajibkan melalui Permendag yang sedang kita godog sekarang, untuk membina warung-warung yang ada di sekitarnya.”
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.