Dark/Light Mode

20 Produk UKM Kurasi Kemenkop UKM Jadi Official Merchandise G20 Di Indonesia

Selasa, 26 Juli 2022 21:56 WIB
Foto: Dok. Kemenkop UKM
Foto: Dok. Kemenkop UKM

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) menyiapkan 20 UKM terpilih, sebagai official merchandise Presidensi G20 Indonesia.

Produk dari ke-20 UKM tersebut, telah dikurasi oleh kurator independen. Sehingga bisa dipastikan, produk UKM telah memiliki standar dan kategori ekspor atau berskala global.

Baca juga : Stop! Jangan Wacanakan Lagi Khilafah Jadi Sistem Pemerintahan di Indonesia

20 UKM terpilih ini masuk dengan 5 kategori produk, yakni fesyen dan aksesori sebanyak 8 UKM, tas dan alat perkantoran sebanyak 2 UKM, kosmetik, herbal dan wellness sebanyak 5 UKM, kerajinan sebanyak 4 UKM, dan custom packing sebanyak 1 UKM.

Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki mengatakan, 20 UKM terpilih ini merupakan hasil kurasi dari 1.204 UKM yang mendaftar. Proses kurasi dilakukan oleh kurator independen yang ahli dalam bidangnya masing-masing.

Baca juga : Kapolri Gelorakan Visi Indonesia Emas

Dikatakan Teten, saat ini isu pengembangan UMKM menjadi hal yang sangat strategis baik dalam lingkup regional maupun internasional. Dalam forum G20 sendiri, UMKM menjadi salah satu crosscutting issue yang sangat strategis yang dibahas di berbagai working group, dan engagement group.

"Maka dari itu, Presidensi G20 Indonesia sendiri harus kita manfaatkan untuk promosi produk UKM artisan yang siap masuk pasar global," ucapnya dalam konferensi pers Official Merchandise melalui kurasi Smesco Indonesia, sekaligus MoU antara Kemenkop UKM dengan KontrakHukum.com di Gedung Smesco, Jakarta, Selasa (26/7).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.