Dark/Light Mode

Menhub: EV Smart Mobility Bisa Kurangi Emisi

Rabu, 27 Juli 2022 12:27 WIB
Menhub Budi Karya. (Foto : ist)
Menhub Budi Karya. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengapresiasi Joint project for EV Ecosystem: EV Smart Mobility di Bali yang dilakukan oleh lima agen pemegang merek (APM). Kegiatan bisa mengurangi penurunan emisi.

“Saya sampaikan apresiasi terhadap Mitsubishi Motors, Nissan, FUSO, Isuzu dan Toyota  yang telah bersinergi dalam penyelenggaraan acara ini,” ujarnya saat membuka acara Joint project for EV Ecosystem: EV Smart Mobility di Nusa Dua, Bali, Rabu (27/7).

Baca juga : Dukung PLN E-Mobility Day, BNI Perkuat Ekosistem Kendaraan Listrik

Budi mengatakan, dalam hal penanganan perubahan iklim dan penurunan emisi pada sektor transportasi di Indonesia, pemerintah telah menerbitkan Peraturan Presiden No 55 Tahun 2019  tentang tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik | Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan  serta peraturan-peraturan turunan lainya dari Kementerian/ Lembaga terkait.

“Dalam membangun Electric Vehicle Ecosystem tidak bisa dilakukan terpisah-pisah, namun harus dilakukan secara terintegrasi antar lintas sektor, baik dari sisi pemerintahan maupun swasta,” katanya.

Baca juga : Moeldoko: Masyarakat Masih Ragu Pakai Kendaraan Listrik Karena Kurang Edukasi

Sinergi lintas antara pemerintah ataupun perusahaan swasta ini akan makin mempercepat pengembangan ekosistem kendaraan listrik yang terintegrasi di Indonesia. Inisiatif ini juga sejalan dengan agenda prioritas pemerintah Indonesia dalam G20 Summit | terkait transisi energi berkelanjutan.

Untuk itu, dia sangat menyambut baik sinergi dan upaya dari perusahaan yang telah hadir pada hari ini untuk mempopulerkan kendaraan listrik. Saya mengharapkan, dengan adanya kolaborasi melalui pengembangan model ekosistem mobilitas elektrifikasi dapat mendukung percepatan ekosistem kendaraan listrik yang terintegrasi, menuju 2030 dan mencapai target net zero emission pada tahun 2060. 

Baca juga : Menhub Ajak Swasta Kembangkan Bandara Komodo

“Semoga kegiatan ini | dapat memberikan dampak positif kepada perusahaan swasta lainnya untuk ikut serta membangun EV Ecosystem di Indonesia. Dan semoga | apa yang kita lakukan dapat memberikan manfaat kepada negara yang kita cintai ini,” katanya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.