Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Moeldoko: Masyarakat Masih Ragu Pakai Kendaraan Listrik Karena Kurang Edukasi

Jumat, 22 Juli 2022 19:35 WIB
Ketua Umum Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) Moeldoko. (Foto: Ist)
Ketua Umum Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) Moeldoko. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) Moeldoko mengatakan, banyak masyarakat ragu memiliki kendaraan listrik (electric vehicle/EV) lantaran kurangnya edukasi.

Moeldoko mencontohkan kekhawatiran masyarakat soal adanya korsleting jika kendaraan listrik terendam banjir.

"Masyarakat masih takut kalau pakai mobil listrik nanti kalau banjir bagaimana? Kesetrum? Nah tadi dibuktikan walau direndam tidak masalah. Masalah teknis seperti ini masyarakat perlu diberi tahu," ujarnya, dalam pembukaan pameran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Jumat (22/7).

Baca juga : Rasakan Sensasi Gunakan Kendaraan Listrik, Yuk Kunjungi PLN E Mobility Day

Kepala Staf Kepresidenan ini mengakui, ekosistem kendaraan listrik masih sangat baru di Indonesia. Menurutnya, masyarakat masih berada di zona nyaman menggunakan kendaraan listrik bermesin konvensional.

Untuk itu, ia menilai diperlukan adanya perubahan pola pikir melalui edukasi-edukasi agar masyarakat mau berpindah menggunakan kendaraan listrik.

Edukasi yang dihadirkan salah satunya melalui asosiasi kendaraan listrik Indonesia. "Melalui Periklindo ini masyarakat semakin memahami tentang mobil listrik," tuturnya.

Baca juga : Pengamat Sarankan Ini Untuk Genjot Kendaraan Listrik

Pada kesempatan tersebut, Moeldoko sempat menjajal salah satu mobil yang dipajang pada pameran tersebut, yakni Wuling Air ev, yang belum lama ini dirilis.

Tak sendirian, Moeldoko juga mengajak Uya Kuya di arena test drive. Uniknya, arena tersebut bukan berada di luar, tetapi ada di dalam ruangan pameran.

"Nyaman sekali, karena suaranya tidak bising, kecepatannya juga kenceng, jadi nggak usah khawatir kalau mobil listrik seolah-olah nggak bisa lari cepat. Ini bisa," ungkap mantan Panglima TNI ini, usai menjajal mobil listrik.

Baca juga : Jasa Raharja Gandeng Kepolisian Dan Kemendagri

Moeldoko optimis, gelaran PEVS 2022 ini akan memicu dan memacu pengembangan kendaraan listrik di Indonesia. Terlebih, saat ini pemerintah telah mendorong transisi dan konversi kendaraan konvensional menuju kendaraan listrik.

"Pameran ini ajang pembuktian bahwa mobil listrik itu tidak seribet yang dipikirkan calon pengguna. Di sini ditunjukkan, bagaimana kemudahan penggunaan mobil listrik dan charging-nya, begitu juga dengan kesiapan stasiun pengisian daya," ungkap Moeldoko.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.