Dark/Light Mode

BKS Minta Jaga Kinerja Positif Pasca Pandemi

Sektor Transportasi Kembali Lari Kencang

Selasa, 9 Agustus 2022 06:30 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (Foto; Dok. Kementerian Perhubungan).
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (Foto; Dok. Kementerian Perhubungan).

RM.id  Rakyat Merdeka - Seluruh pemangku kepentingan diminta menjaga momentum kinerja positif yang berhasil diraih di sektor transportasi pada 2022. Momentum ini harus dijaga agar pada triwulan-lll dan lV tahun 2022, trennya terus meningkat.

Hal ini disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Suma­di dalam keterangan tertulisnya, kemarin.

Menurut BKS-sapaan Budi Karya Sumadi, untuk menjaga momentum positif kinerja sektor transportasi, pihaknya bakal terus meningkatkan kolaborasi dengan para pemangku kepentingan. Yakni dengan Kementerian/Lem­baga, BUMN, swasta, akademisi, media dan masyarakat.

Baca juga : Lama Vakum, Eksekutif Keuangan Perbankan Kembali Gelar Ketoprak Financial

Seperti diketahui, Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), sektor transportasi dan pergu­dangan berhasil tumbuh 21,27 persen pada triwulan II-2022, jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu (year-on-year/yoy).

Sebelumnya, pada triwulan 1-2022 juga mengalami pertumbuhan positif mencapai 15,79 persen.

“Hasil ini bisa menjadi indika­tor bahwa pemulihan di sektor transportasi mulai terjadi pasca-pandemi Covid-19,” kata BKS.

Baca juga : Kinerja Kinclong, Bank Mandiri Percepat Transformasi Digital

Eks Dirut Angkasa Pura ll ini menekankan, pentingnya ko­laborasi dengan para pemangku kepentingan, dalam upaya mengatasi sejumlah tantangan di sektor transportasi.

Misalnya, keterbatasan fiskal APBN, meningkatnya kebutuhan pendanaan infrastruktur transpor­tasi dan belum optimalnya pe­layanan transportasi terintegrasi.

Kemudian, kurangnya tingkat kesadaran akan keselamatan transportasi. Hingga pengem­bangan transportasi berkelan­jutan yang ramah lingkungan, guna menghadapi isu pemanasan global dan perubahan iklim.

Baca juga : China Kepincut Investasi Di Sektor Mobil Listrik

“Pada triwulan-lll dan lV, kami akan memanfaatkan momentum hari kemerdekaan yang memiliki semangat bersama, untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat,” tegasnya.

BKS mengaku, telah menyiapkan sejumlah strategi untuk mendorong percepatan pemulihan sektor transportasi yang terdampak akibat pandemi Covid-19.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.