Dark/Light Mode

Toyota Umumkan Pemenang Toyota Dream Car Art Contest, Ini Daftarnya

Rabu, 17 Agustus 2022 22:27 WIB
Wakil Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto (ketiga kiri), didampingi jajaran direksi Toyota Indonesia lainnya, Anton Jimmi Suwandy (kiri), Bob Azam (ketiga kanan), Fumitaka Kawashima (kedua kiri), Takeshi Yamakawa (kanan), Surany Tjandrasa (kedua kanan) bersama para pemenang lomba menggambar mobil impian Toyota (Toyota Dream Car Art Contest/TDCAC) 2022, di booth Toyota pada penyelenggaraan Gaikindo Indonesia International Motor Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD City Tangerang Banten, Rabu (17/8). (Foto: Ist)
Wakil Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto (ketiga kiri), didampingi jajaran direksi Toyota Indonesia lainnya, Anton Jimmi Suwandy (kiri), Bob Azam (ketiga kanan), Fumitaka Kawashima (kedua kiri), Takeshi Yamakawa (kanan), Surany Tjandrasa (kedua kanan) bersama para pemenang lomba menggambar mobil impian Toyota (Toyota Dream Car Art Contest/TDCAC) 2022, di booth Toyota pada penyelenggaraan Gaikindo Indonesia International Motor Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD City Tangerang Banten, Rabu (17/8). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Momen HUT RI Ke-77 dijadikan Toyota untuk mengumumkan pemenang Toyota Dream Car Art Contest (TDCAC) 2022. Pemenang sudah melalui tahap penyeleksian dan penjurian.

Pengumuman pemenang TDCAC ini digelar di booth Toyota yang bertema Indonesia Proud, di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, Rabu (17/8). Pengumuman para pemenang TDCAC untuk pertama kalinya dilakukan secara tatap muka langsung pasca pandemi.

Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto mengatakan, Toyota konsisten menyelenggarakan TDCAC sejak 2004y. Ini merupakan salah satu bagian dari program keberlanjutan Toyota untuk pendidikan nonformal bagi anak-anak melalui pengembangan kreativitas dalam menciptakan solusi mobilitas masa depan.

“Kami merasa bangga karena Impian anak-anak telah menginspirasi kami untuk menciptakan solusi mobilitas untuk masyarakat. Belajar banyak dari gambar anak-anak ini, bagaimana mereka melihat mobilitas masa depan yang dikemas dalam ide yang menarik dan orisinal, mempunyai empati terhadap kondisi sosial, harapan akan perubahan lingkungan dan dunia yang lebih baik,” ujar Henry.

Di tahun ini, walau masih di tengah banyak keterbatasan akibat Covid-19, anak-anak Indonesia menunjukkan antusiasme yang sangat besar terhadap kontes ini. Terbukti dari lebih dari 2.000 karya diterima panitia berasal dari 20 provinsi di Indonesia.

Para peserta TDCAC juga semakin inklusif karena berasal dari semua kalangan masyarakat dan dengan latar belakang yang beragam. Tidak hanya itu, yang membanggakan adalah karya-karya peserta TDCAC sangat menginspirasi, penuh ide kreatif, dan memiliki kualitas gambar yang semakin meningkat dari tahun-tahun sebelumnya.

“Di masa depan, kami berharap semakin banyak anak-anak Indonesia ikut berpartisipasi dalam TDCAC dengan saling berbagi ide mengenai mobil impian masa depan dan meningkatkan kesadaran mereka terhadap isu lingkungan dan sosial,” kata Henry.

Baca juga : WOM Finance Umumkan Pemenang Program WOMBASTIS Periode 1

Sejak tahun 2016 hingga saat ini, TDCAC selalu mendapat dukungan dan keterlibatan dari Perwakilan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam proses apresiasi dan penjurian. Sedangkan tahun ini, Pakar Seni, Akademisi dan Praktisi Sanggar Seni pun turut menjadi bagian dari TDCAC.

Sama dengan tahun sebelumnya, TDCAC kali ini terbagi menjadi 3 kategori usia, yaitu kategori 1 untuk peserta berusia di bawah 8 tahun, kategori 2 untuk usia 8—11 tahun, dan kategori 3 untuk usia antara 12—15 tahun.

Para juri kontes antara lain terdiri dari Syahnaz Haque yang tidak hanya merupakan seorang public figure namun juga pemerhati anak-anak, Sigit Purnomo yang merupakan visual editor, Hari Praz yang merupakan seorang komikus dan ilustrator. Di samping itu, juri juga berasal dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang diwakili oleh Nasril Syahrial, serta dari kalangan akademisi yaitu Beng Rahadian.

Berikut daftar pemenang Toyota Dream Car Art Contest:

Kategori 1 (di bawah 8 tahun):

1. Azca Gibran, 7 tahun, asal Depok-Jawa Barat. Judul karya: Nightmare Eraser Car

2. Maria Dzikra K.A.F, 7 tahun, asal Denpasar-Bali. Judul karya: Cat Lover Car

Baca juga : Sekjen Forum Komunikasi Maritim Catat Sejumlah Masalah Nelayan, Ini Daftarnya

3. Anisa Rizki Ramadhani, 6 tahun, asal Palembang-Sumatera Selatan. Judul karya: Jelly Car

Kategori 2 (usia 8—11 tahun):

1. Nadine Elaria Kedna, 8 tahun, asal Bandung-Jawa Barat. Judul karya: Animal Puzzle Car

2. Tasya Sabrina Ghassani, 9 tahun, asal DKI Jakarta. Judul karya: Shining Car

3. Afnan Nur Dzaky, 8 tahun, asal Semarang-Jawa Tengah. Judul karya: Mobil Enceng Gondok 

Kategori 3 (usia 12—15 tahun):

1. Melia Zalfa Nabila Azzahra, 13 tahun, asal Tasikmalaya-Jawa Barat. Judul karya: Flying Backpack Car to Save the World Heritage

Baca juga : 9 Kloter Jemaah Haji Pulang Ke Tanah Air, Ini Jadwal Lengkapnya

2. Callista Locytahayu Kristanto, 15 tahun, asal DKI Jakarta. Judul karya: Toyota Sewing Machine Car

3. Kristiana Bondan W Galih, 14 tahun, asal Tangerang – DKI Jakarta. Judul karya: Multipurpose Cendrawasih Car

Special Awards

Best Inspirational Awards

Tasya Sabrina Ghassani, 9 tahun, asal DKI Jakarta. Judul karya: Shining Car 

Best Indonesia Theme

Afnan Nur Dzaky, 8 tahun, asal Semarang-Jawa Tengah. Judul karya: Mobil Enceng Gondok

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.