Dark/Light Mode

Pelat Merah Dilarang Jadi Dinosaurus

Menteri Erick Ingin BUMN Kolaborasi Bareng Startup

Kamis, 25 Agustus 2022 07:30 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan kata sambutan pada Peluncuran BUMN Startup Day 2022 di Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (23/8/2022). BUMN Startup Day 2022 yang digelar untuk mendorong kreator generasi muda Indonesia menjadi pencipta lapangan kerja baru tersebut akan diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC) pada tanggal 27-28 September 2022. (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/rwa).
Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan kata sambutan pada Peluncuran BUMN Startup Day 2022 di Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (23/8/2022). BUMN Startup Day 2022 yang digelar untuk mendorong kreator generasi muda Indonesia menjadi pencipta lapangan kerja baru tersebut akan diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC) pada tanggal 27-28 September 2022. (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/rwa).

 Sebelumnya 
“Anggap saja BUMN ini sebagai Justice League, swasta sebagai Avengers-nya. Biar lebih modern. Kalau bersatu kan sama. Kita menghadapi perubahan yang terjadi,” sebut Erick.

Di acara yang sama, Ketua Tim Kerja BUMN Startup Day 2022 Fina Silmi Febriyani mengatakan, acara ini juga terbuka buat komunitas dan teman-teman kampus.

“Silakan datang. Kita belajar bareng, agar makin banyak tumbuh technopreneur yang memperkuat ekonomi digital Indonesia,” ajaknya.

BUMN Startup Day 2022 rencananya akan diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, pada 27-28 September 2022. Kegiatan ini terbagi ke dalam dua segmen besar, yakni edukasi dan peluang bisnis.

Baca juga : Bertemu Presiden PKS, Hary Tanoe: Jadi Starting Point Bangun Kolaborasi

Di segmen edukasi, akan digelar diskusi panel dengan pembicara internasional dan mentoring, yang memberi kesempatan startup Indonesia berdiskusi secara intens, dengan pelaku startup yang sukses dan investor.

Sementara di segmen peluang bisnis, ada business matching, atau penjajakan kolaborasi B2B (Business to Business), yang mempertemukan BUMN dari berbagai sektor dan industri dengan startup untuk menjajaki kerja sama bisnis.

Serta investor pitching yang memberi kesempatan startup untuk menawarkan peluang investasi, kepada venture capital di lingkungan BUMN.

Informasi mengenai acara ini tersedia di situs web www. bumnstartupday.com dan akun-akun media sosialnya.

Baca juga : Erick: Jangan Jadi Dinosaurus, BUMN Harus Bersinergi Dengan Ekosistem Startup

Pengamat ekonomi digital dari Institut for Development of Economics and Finance (Indef) Nailul Huda mengatakan, untuk memperbesar ekonomi digital perlu dukungan semua pihak. Baik itu Pemerintah, masyarakat, BUMN maupun swasta.

“Bisnis perusahaan telekomunikasi saat ini berkaitan erat dengan ekonomi digital. Saat ini ekonomi digital di Indonesia memang sangat besar potensinya,” ucap Huda kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Karena itu, Huda berharap, Pemerintah terus fokus mendukung program pendanaan yang sudah dilakukan oleh modal ventura milik BUMN.

Tak hanya itu, perusahaan modal ventura swasta yang berasal dari Indonesia, seharusnya juga mampu memfasilitasi inkubator startup lokal dengan transfer jaringan, teknologi, dan dana.

Baca juga : Rektor Unila Ubah Duit Suap Jadi Deposito Dan Emas Batangan

Kemudian dibuat program khusus untuk menghubungkan mereka dengan ekosistem modal ventura atau investor yang lebih besar.

“Jadi tidak timbul persepsi ada startup Pemerintah dan swasta, yang berdampak pada perbedaan layanan. Misalnya, layanan yang berkaitan dengan perizinan dan regulasi,” terangnya.

Huda juga berharap, polemik atau kegaduhan investasi perusahaan BUMN di perusahaan digital tidak terjadi lagi. Untuk itu, ia meminta perlu adanya peningkatan literasi masyarakat terhadap pasar modal. Serta pencatatan laporan keuangan modal ventura terhadap pendanaan startup. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.