Dewan Pers

Dark/Light Mode

PTPN Group Bangun Pabrik Kelapa Sawit Di Enrekang

Kamis, 25 Agustus 2022 11:48 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) memulai proses budidaya kelapa sawit di wilayah Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

Tanam Perdana kelapa sawit di Unit Kebun Maroangin ini menjadi penanda utama hadirnya perkebunan kelapa sawit di Enrekang.

Pemerintah melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendukung dan mengapresiasi program PTPN Group ini.

Asisten Deputi Bidang Industri Perkebunan dan Kehutanan Kementerian BUMN Rachman Feri Isfianto menyaksikan langsung penanaman pertama tanaman kelapa sawit tersebut.

Berita Terkait : Direstui BPOM, Pabrik Minyak Makan Merah Segera Dibangun

Dalam acara yang berlangsung pada Sabtu (20/8) lalu ini, jajaran Direksi Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero), Direksi dan Manajemen Anak Perusahaan PTPN Group, serta Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) Kabupaten Enrekang turut hadir.

Direksi Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) yang hadir adalah Direktur Utama, Mohammad Abdul Ghani, Direktur Produksi dan Pengembangan, Mahmudi, dan Direktur Umum, Dony Gandhamihardja.

Jajaran Direksi Anak Perusahaan PTPN Group yang berada di lokasi adalah Direktur PTPN IV Sucipto Prayitno dan Direktur PTPN XIV Tio Handoko.

Selain itu, turut hadir Senior Executive Vice President (SEVP) Operation PTPN XIV, A. Arwan Arief, SEVP Business Support PTPN IV Ahmad Diponegoro, serta SEVP Operation II PTPN IV, Jhony Raja Siregar.

Berita Terkait : PTPN II Serahkan Kunci Rumah Ke 30 Pensiunan Di Kota Mandiri Bekala

Bupati Enrekang Muslimin Bando mendukung pengembangan budidaya kelapa sawit di wilayahnya.

“Program pengembangan budidaya kelapa sawit oleh PTPN XIV akan memberikan dampak positif bagi kondisi sosial ekonomi masyarakat,” ujarnya dalam keterangan resminya, Kamis (25/8).

Muslimin berharap, pembangunan pabrik Pengolahan Kelapa Sawit (PKS) di Enrekang segera terealisasi. Dia meyakini keberadaan pabrik PKS akan menjadi sumber lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

Hadirnya sentra industri kelapa sawit akan memicu para pekerja migran asal Enrekang kembali ke kampung halamannya.

Berita Terkait : PTPN Group Dukung Gelaran Pasar Kopi Indonesia Di Amsterdam

Operasional perkebunan kelapa sawit dan Pabrik PKS akan membuka kesempatan kerja bagi ribuan petani selaku penggarap lahan plasma seluas 5.000 hektare (ha).

“Daripada masyarakat Enrekang merantau ke Malaysia, untuk jadi tenaga kerja perkebunan kelapa sawit di sana, akan lebih baik jika bekerja di PKS yang dibangun oleh PTPN XIV, tanpa meninggalkan anak dan istri di kampung halaman,” katanya.

Direktur Utama PTPN Group, M. Abdul Ghani mengupayakan realisasi pembangunan PKS pada 2023.

"Semoga tahun depan di Kabupaten Enrekang bisa dilakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan PKS. Melalui prosedur yang telah ditetapkan, antara lain Studi Kelayakan oleh Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) Medan," ujarnya.
 Selanjutnya