Dark/Light Mode

Terapkan Digitalisasi, AP II Raih Penghargaan Tertinggi Manajemen Informasi Arus Mudik 2019

Jumat, 19 Juli 2019 22:40 WIB
Presdir AP II Muhammad Awaluddin (kiri) foto bareng dengan Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko, sambil memegang piagam penghargaan tertinggi Manajemen Informasi Arus Mudik 2019 di Kantor KSP, Jakarta, Jumat (19/7). (Foto: Humas KSP)
Presdir AP II Muhammad Awaluddin (kiri) foto bareng dengan Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko, sambil memegang piagam penghargaan tertinggi Manajemen Informasi Arus Mudik 2019 di Kantor KSP, Jakarta, Jumat (19/7). (Foto: Humas KSP)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP Ii meraih apresiasi atas kesuksesan mengelola informasi, sehingga arus mudik 2019 di seluruh bandara perseroan berjalan lancar dan nyaman. Apresiasi Manajemen Informasi Arus Mudik 2019 itu diberikan kepada AP II oleh tiga lembaga yaitu Kantor Staf Presiden (KSP), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), serta Komisi Informasi Publik (KIP).

Piagam apresiasi dari tiga lembaga itu secara simbolis diserahkan hari ini, Jumat 19 Juli 2019, oleh Kepala KSP Moeldoko kepada President Director AP II Muhammad Awaluddin di Bina Graha, kawasan Sekretariat Negara, Jakarta.

President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, informasi yang dikelola dengan baik selama arus mudik sangat bermanfaat bagi stakeholder seperti maskapai, regulator, dan masyarakat.

Baca juga : Jasa Marga Raih Apresiasi Manajemen Layanan Informasi Arus Mudik 2019

“Kesuksesan mengelola informasi sepanjang arus mudik 2019 ini tidak lain karena AP II telah menerapkan digitalisasi dalam segala aspek operasional bandara. Arus informasi harus dikelola kreatif, inovatif serta responsif. Dan itu diwujudkan dalam digitalisasi," ungkap Awaluddin.

“Istilahnya, digitalisasi membantu AP II menjadi the more credible, the more capable, dan the more connectable termasuk dalam mengelola dan menyampaikan informasi kepada seluruh stakeholder,” jelas Muhammad Awaluddin.

Infrastruktur digital yang telah beroperasi penuh terkait penyampaian arus informasi dari sisi operasional bandara adalah Airport Operation Control Center (AOCC) di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Baca juga : Bulog Surakarta Raih Penghargaan Di Indonesia Marketers Festival 2019

AOCC di Soekarno-Hatta merupakan wadah kolaborasi seluruh stakeholder, sehingga informasi yang ada dapat dikelola dengan baik sebagai dasar pengambilan keputusan, yang dapat memperlancar operasional di bandara.

“Melalui AOCC, bisa didapat hasil yang maksimal karena prosesnya bisa dilakukan dengan cepat, quick respons dan juga merupakan bentuk dari early warning system sehingga hal yang tidak diinginkan bisa dihindari secara optimal. AOCC juga memastikan agar standard operational procedure di setiap pihak dapat dijalankan dengan sempurna,” jelas Awaluddin.

Sepanjang Angkutan Lebaran 2019, AP II melayani 4,2 juta penumpang di arus mudik dan arus balik, di 16 bandara yang dikelola perseroan. Sedangkan pergerakan pesawat mencapai 36.000 pergerakan. [HES]

Baca juga : 3 Inovasi KLHK Raih Penghargaan Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2019

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.