Dark/Light Mode

Basuki Sabet Penghargaan Tokoh Infrastruktur Merah Putih

Selasa, 9 April 2019 17:30 WIB
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono (Foto: Istimewa)
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyabet penghargaan sebagai Tokoh Infrastruktur Merah Putih. Itu merupakan salah satu penghargaan yang diberikan ke sejumlah tokoh nasional yang dinilai memiliki komitmen, semangat, dan langkah-langkah kongkrit untuk Indonesia Maju.

Pemberian penghargaan Anugerah Indonesia Maju 2018-2019 merupakan salah satu rangkaian kegiatan ulang tahun Rakyat Merdeka ke 20 dan Warta Ekonomi ke 30 yang digelar di Hotel Pulman, Senin malam (8/4).

Baca juga : TKN Tidak Pernah Himbau Karyawan BUMN Hadiri Acara Konser Putih

Selain Menteri Basuki, tokoh nasional lain yang mendapatkan penghargaan adalah Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Indonesia Ignasius Jonan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya Bakar. Kemudian, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, dan Menteri Pariwisata Arief Yahya. Ketua Dewan Komisioner (DK) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso, dan Gubernur Bank Indonesia ( BI) Perry Warjiyo juga menerima penghargaan tersebut.

Ada pun penghargaan tertinggi diberikan ke Wapres Jusuf Kalla. Dalam pidatonya, JK sapaan Jusuf Kalla, mengatakan, untuk menjadikan Indonesia terus maju, tidak bisa hanya mengandalkan Sumber Daya Alam (SDA) yang dimiliki. Sebab, SDA sifatnya  terbatas dan akan habis seiring waktu. Salah satu kunci maju yang dapat dipelajari dari negara di Asia yang berhasil seperti Cina adalah infrastruktur, investasi, dan kemampuan ekspor.

Baca juga : Jonan Raih Penghargaan Tokoh Energi Berkeadilan Untuk Rakyat

"Selain itu, ke depan yang akan berkembang adalah gabungan perkembangan teknologi Artificial Intelligence dan Bioteknologi. Kemajuan teknologi hanya bisa terjadi apabila ada segitiga kerja sama antara Pemerintah sebagai regulator, ilmuwan sebagai inovator, dan enterpreneur sebagai investor. Gabungan ketiganya itu yang dapat memajukan bangsa yang besar," ujar JK, seperti dalam keterangan tertulis, Selasa (9/4). [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.