Dark/Light Mode

Blok Masela Terus Didorong

Jokowi: Nanti, Yang Untung Besar Itu Saumlaki Tanimbar

Jumat, 2 September 2022 13:56 WIB
Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers, usai mengunjungi Pasar Olilit, di Tanimbar Selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku, Jumat (2/9). (Foto: BPMI Setpres)
Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers, usai mengunjungi Pasar Olilit, di Tanimbar Selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku, Jumat (2/9). (Foto: BPMI Setpres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi menegaskan, pemerintah terus mendorong pembangunan lapangan hulu minyak dan gas abadi Blok Masela, agar dapat segera diselesaikan.

“Blok Masela itu terus kita dorong. Dulu, sebetulnya sudah akan jalan Inpex, kemudian Shell. Tapi, karena saat itu harga minyaknya rendah, ada satu yang mundur. Pengerjaannya juga ikut mundur,” ujar Jokowi dalam keterangannya di Pasar Olilit, Kepulauan Tanimbar, Maluku, Jumat (2/9).

Baca juga : Bamsoet Dorong Jokowi Tawarkan Konsep Gotong Royong ke Masyarakat Dunia

“Partner yang baru terus kita dorong, agar Blok Masela bisa segera dimulai,” tambahnya.  

Jokowi menjelaskan, Blok Masela akan berdampak besar terhadap perekonomian di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, utamanya di Saumlaki.

Baca juga : Bank DKI Dukung Program Satu Rekening Satu Pelajar

Kepala Negara juga meyakini produksi gas alam cair atau liquefied natural gas (LNG) Masela dapat berkontribusi, terhadap produk domestik regional bruto (PDRB) di Provinsi Maluku.

“Yang mendapatkan keuntungan besar nanti kalau Blok Masela adalah di Kepulauan Tanimbar, Saumlaki. Itu akan baik sekali untuk perputaran uang di daerah. Untuk PDRB di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, dan juga Provinsi Maluku,” beber Jokowi.

Baca juga : Gali Terowongan Untuk Merampok, Eh Malah Terkubur

Sebelumnya, pada 24 Agustus 2022, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah tengah mempertimbangkan kemungkinan partisipasi Indonesia Investment Authority (INA) dalam proyek pengembangan Blok Masela.

"Bapak Presiden minta segera dinegosiasikan dan dicarikan investor baru, termasuk mempertimbangkan INA untuk masuk ke dalam proyek tersebut,” kata Airlangga. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.