Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Digitalisasi UMKM, Shopee Dukung Inisiatif AKI 2022 Kemenparekraf

Jumat, 2 September 2022 17:12 WIB
Foto: Dok. Shopee Indonesia
Foto: Dok. Shopee Indonesia

RM.id  Rakyat Merdeka - Shopee Indonesia berkomitmen mendorong pengembangan bisnis digital UMKM lokal. Salah satunya dengan mendukung inisiatif Kemenparekraf, dengan berpartisipasi dalam penyelenggaraan rangkaian acara Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022 di Sidoarjo, Jawa Timur.

AKI 2022 merupakan salah satu program unggulan Kemenparekraf yang menyasar 16 kabupaten dan kota di Indonesia. Pegiat UMKM di Sidoarjo dan sekitarnya seperti Annisa Amalia Sholihah, pengusaha muda asal Sidoarjo terpilih untuk mengikuti program pelatihan dan pameran AKI 2022.

Mereka juga mendapat mentoring dari Shopee yang mencakup pelatihan dasar, seperti cara membuka toko online, hingga pelatihan lanjutan yang fokus pada pengembangan bisnis online melalui Bimbel Shopee.

Baca juga : Mengenal Aplikasi X8 Speeder Dengan Berbagai Fitur Andalan

Peserta AKI 2022 juga menerima pelatihan pembuatan QRIS ShopeePay sebagai salah satu metode pembayaran merchant, yang akan digunakan di pameran AKI di berbagai kabupaten dan kota di Indonesia, termasuk Sidoarjo.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah terus meningkatkan jumlah pelaku ekonomi kreatif untuk siap go-digital.

Ditargetkan ada 30 juta UMKM yang terdigitalisasi di akhir 2023 dan onboarding di platform e-commerce, agar produk ekonomi kreatif Indonesia tidak hanya bisa Go-Nasional tapi juga Go-Internasional.

Baca juga : Perkuat Digital UMKM, Telkom Resmikan IndigoSpace SDK Semarang

“Untuk itu, mari kita bergandengan tangan untuk menghadapi tantangan di depan mata. Kita lanjutkan perkembangan Pemerintahan Presiden Joko Widodo yang telah membuat banyak kemajuan, untuk ciptakan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia dan bangun kondisi sosio-ekonomi masyarakat,” ucap Sandi dalam keterangan resmi, Jumat (2/9).

Head of Government Affairs Shopee Indonesia Ade Mulya menegaskan komitmen Shopee selaku mitra Kemenparekraf dalam penyelenggaran AKI 2022. Yakni, mendukung digitalisasi UMKM termasuk di sektor ekonomi kreatif.

“Shopee ingin terus menjadi kawan dalam setiap perjalanan UMKM Indonesia, termasuk dalam proses digitalisasi dan pengembangan bisnis mereka,” ujarnnya.

Baca juga : Dorong Pemulihan Ekonomi, BCA UMKM Fest 2022 Kembali Digelar

Potensi besar dari pegiat UMKM, sambung Ade, mendorong Shopee untuk terus memberikan dukungan terhadap akses digitalisasi UMKM, termasuk di Sidoarjo dan sekitarnya. Sinergi bersama Kemenparekraf melalui AKI diharapkannya dapat memberikan dampak positif bagi UMKM lokal.

Terutama gar mereka semakin merasakan manfaat dari platform digital untuk mengembangkan bisnis mereka tidak hanya secara lokal, namun juga nasional.

“Langkah ini sejalan dengan komitmen jangka panjang #ShopeeAdaUntukUMKM,” pungkas Ade.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.